06 Maret 2009

Mencari Data dan Informasi tentang Lingkungan di Koran dan Internet

Siti Nujaimatur Ruqayyah, siswi XI IPA SMA 3 Annuqayah, Koordinator Data & Dokumentasi Tim Sampah Plastik School Climate Challenge Competition British Council

Selama sekitar tiga hari, yakni 1 hingga 3 Maret kemarin, saya bersama-sama tim proyek School Climate Challenge SMA 3 Annuqayah melakukan pencarian data tentang lingkungan dan hal-hal yang berkaitan dengan proyek masing-masing. Sesuai arahan guru pendamping kami, M. Mushthafa, kami mencari data di koran (Kompas dan Jawa Pos) di sekolah kami.
Riset data ini kami lakukan dengan membagi tugas. Saya sendiri bertugas mencari tulisan yang berkaitan dengan isu lingkungan, sebagian lagi bertugas menggunting. Sengaja kami bekerja pada malam hari, karena pada siang hari kami harus sekolah dan mengerjakan tugas-tugas yang lain. Tentunya timbunan koran yang sangat banyak itu tidak mungkin selesai hanya dalam 1 malam. Akhirnya kami meneruskannya pada malam selanjutnya hingga berlanjut selama tiga hari.
Saya sebagai koordinator data dan dokumentasi Tim Sampah Plastik merasa bertanggungjawab untuk mengurus semua ini. Untung saja para siswa yang juga bergiat dalam peduli lingkungan juga ikut membantu kami. Jadi beban pekerjaan kami bisa berkurang.
Akhirnya setelah semua tulisan selesai digunting, kami tinggal memisah data yang diperoleh sesuai dengan proyek masing-masing. Proyek saya mengumpulkan data tentang sampah plastik.
Banyak sekali informasi dari data yang kami peroleh. Data yang telah terkumpul ini dapat kami gunakan sebagai bahan untuk memperkaya wawasan tentang lingkungan khusunya bahaya sampah plastik.
Selain dari mengkliping, kami juga memperoleh data dari mengakses internet. Data internet yang terkumpul kemudian dicetak dan dibundel sebagai buku panduan. Masing-masing dari kami memperoleh buku tersebut untuk dipelajari sebagai bahan penguat proses sosialisasi dan kampanye yang akan kami laksanakan.

Tidak ada komentar: