03 Agustus 2010

Workshop Kepenulisan, Awali Semangat Menulis Siswa


Ruka’iyah, siswa XI IPA SMA 3 Annuqayah

GULUK-GULUK—Kamis (29/07) kemarin, Perpustakaan Madaris 3 Annuqayah bekerja sama dengan MA 1 Annuqayah Putri dan IAA (Ikatan Alumni Annuqayah) Surabaya mengadakan Workshop Kepenulisan. Fasilitator kegiatan ini adalah Lan Fang, seorang penulis nasional yang telah menerbitkan banyak karya. Di antara karyanya yang cukup populer saat ini berjudul Ciuman di Bawah Hujan.

Acara yang bertempat di Perpustakaan Madaris 3 Annuqayah tersebut dihadiri oleh 15 siswa SMA 3 Annuqayah,10 undangan siswa dari MA 1 Annuqayah Putri dan satu orang guru MA 1 Putri Annuqayah yaitu Nyai Fadilah Hunaini.

Acara tersebut dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 11.45 WIB. Workshop Kepenulisan ini dibuka oleh K.M. Faizi, pengasuh Pondok Pesantren Annuqayah daerah Sabajarin.

Acara tersebut berlangsung sangat aktif dan komunikatif. Acara ini berlangsung dengan tidak terlalu formal, dekorasi yang penuh seni dan unik, serta peserta yang dipilih dari tingkat SLTA sederajat. “Peserta sederajat ini memang sengaja dipilih karena saya memang meminta pada Ra Faizi. Takutnya kalau ndak sederajat, bisa-bisa ndak nyambung. Trus saya bakal kerepotan,” ungkap Lan Fang di sela-sela acara.

Adapun siswa yang mengikuti acara tersebut memang telah dipilih sebelumnya. Semua peserta harus menyetorkan karya fiksinya minimal 3 halaman. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah menilai tulisan dari masing-masing peserta. Peserta bertukar karya dan saling ‘membantai’––memberi kritik pada karya teman mereka yang dibaca selama sepuluh menit.

Dalam mengapresiasi cerita tersebut, para siswa, termasuk juga Nyai Fadilah Hunaini, begitu antusias, sehingga membuat suasana menjadi lebih hidup dan penuh dengan gelak tawa.

Setelah acara penyajian materi tersebut usai, acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan oleh PSG (Pemulung Sampah Gaul) SMA 3 Annuqayah kepada Lan Fang. Tas yang diolah dari sampah plastik sebagai kenang-kenangan itu diserahkan oleh Nyai Fadilah Hunaini. Sebagai penutup, semua peserta yang menghadiri acara workshop berpose bersama Lan Fang.

Kemudian terdengar bisik-bisik kecil dari salah seorang peserta acara tersebut. “Bertemu lansung dengan Lan Fang bagaikan sebuah mimpi,” kata Ernawati, salah satu siswa kelas XI IPA SMA 3 Annuqayah.

4 komentar:

Ahmad Sahidah mengatakan...

Sebuah pengajaran yang menyenangkan, tak melulu dikelas, tetapi di perpustakaan. Malah, penulis profesional diberi kesempatan untuk menularkan pesonanya.

Sukses, seraya menunggu karya-karya siswi Madaris 3 Annuqayah.

M. Faizi mengatakan...

Wah, keduluan Ahmad Sahidah dari Kuala Lumpur... terlambat kedatanganku :-(

RAMADU mengatakan...

tambah wah aja Annuqayah sekarang...
sekalian numpang nitip undangan utk santri2 tingkat SLTA di annuqayah, ada SPEECH CONTEST utk SLTA se-JAWA TIMUR pda bulan oktober mendatang di IAIN Sunan Ampel Surabaya...

untuk info lebih lengkap, silahkan kunjungi situs resminya di

hmjpbi.tarbiyah.sunan-ampel.ac.id

tak tunggu partisipasinya ya...

M. Faizi mengatakan...

Sekarang, Lan Fang sudah berpulang. Namun, apa yang dia ajarkan kepada anak-anak itu tetaplah akan dikenang.