22 April 2008

Menjadi Pemulung di Hari Bumi


Guluk-Guluk—Dalam rangka memperingati hari bumi, 22 April 2008 siswi Madaris III Annuqayah beraksi menjadi pemulung sampah plastik. Aksi ini diorganisasi oleh Green Students (MTs 3 Annuqayah) dan Duta Lingkungan (SMA 3 Annuqayah). Aksi ini diikuti oleh 52 siswi yang terdiri dari 20 anggota Duta Lingkungan, 20 anggota Green Students, dan selebihnya adalah siswi sukarela. Aksi ini memfokuskan pada penanganan sampah plastik karena sampah plastik memang sangat berbahaya.
Sebelum berangkat, para peserta aksi yang dibagi menjadi empat kelompok itu diberi pengarahan oleh ibu Mus’iedah Amin selaku pembina OSIS SMA 3 Annuqayah agar bisa menjaga diri dan nama baik sekolah selama aksi belangsung. “Kalian harus ingat bahwa hari ini kalian akan belajar menjadi pahlawan bumi, jadi jangan sekali-kali melakukan hal yang tidak diinginkan.”
Aksi memulung sampah plastik bertempat di TPA belakang komplek Madaris III sendiri, 2 TPA di 2 komplek Annuqayah Karang Jati dan Latee Utara, dan TPA Annuqayah umum—yang terbesar. Walau terik matahari menyengat, namun semangat para siswa tidak turun 100%. Semangat dan kegembiraan mereka ditampakkan melalui kegesitan mereka memunguti sampah-sampah plastik dengan berkerumunan layaknya pemulung sesungguhnya. Di salah satu TPA, ada yang berteriak karena menemukan bangkai kucing, bangkai tikus dan ulat. “Ini tidak apa-apa, agar kita semua dapat merasakan bagaimana nasib pemulung,” tutur salah satu anggota aksi.
Sampah yang terhimpun lebih dari 50 kantong plastik besar. Setelah ke TPA, para peserta aksi mencuci sampah-sampah plastik yang masih dapat diolah, karena rencananya akan dibuat menjadi barang unik (kerajinan) sesuai dengan rancangan kelompok masing-masing seperti: tas, tempat pensil, jas hujan, rompi, topi, dan lain-lain. Karena itu, seperti dijelaskan oleh Muhammad-Affan, pembimbing Green Students dan Duta Lingkungan, selain memupuk kepedulian siswi untuk memerangi sampah plastik, aksi ini juga bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswi dalam hal desain.
Aksi yang berlangsung di sela-sela pelaksanaan Ujian Nasional SMA ini dimulai dari jam 8 pagi dan berakhir sekitar jam 13.00 WIB. [corn]

4 komentar:

Marlboro Man mengatakan...

I’ve recently visited your blog and may say that it is both delightful and admirable, no one could have done a better job! The pictures are indeed adorable and the content is extremely interesting. This is the case when I have a chance to call your blog charming and captivating at one time! I’ve immediately added it to my favorite links and cannot imagine a more outstanding place to spend my time at!

M. Faizi mengatakan...

Keren. Harus ada penghargaan yang lebih dari sekedar "bagus, bagus, bagus"..

Tirmidzi mengatakan...

wah...wah..tu menarik banget..harus ditndak lanjuti he he

billabong mengatakan...

Very-very Good