08 Maret 2009

Sanggar Pelangi MI 3 Adakan Tadabur Alam


Muhammad-Affan, Waka Kesiswaan MI 3 Annuqayah, Guru SMA 3 Annuqayah

GULUK-GULUK—Jum'at tanggal 6 Maret 2009 kemarin Sanggar Pelangi Madrasah Ibtidaiyah 3 Annuqayah mengadakan kegiatan tadabur alam di Bukit Lancaran. Kegiatan ini diikuti oleh 13 siswi MI 3 Annuqayah dan didampingi empat orang fasilitator dari Sanggar Pelangi dan unit kegiatan lain di MI 3 Annuqayah. Materi kegiatannya meliputi, menggambar panorama alam, berbagi cerita dan diskusi tentang alam, menulis dan membaca puisi dengan topik seputar alam juga.
Selama kegiatan, anak-anak terlihat sangat antusias. Mereka belajar sambil bersenda gurau dengan riang. Sesekali mereka memandangi panorama bebukitan yang menghampar indah di utara dengan menggunakan binocular sambil menikmati makanan ringan. Pada sesi menulis puisi, fasilitator meminta anak-anak untuk memperhatikan panorama sekitar kemudian menuliskannya dalam bentuk puisi dan dibacakan secara bergiliran.
Sanggar Pelangi MI 3 Annuqayah memiliki beberapa kegiatan, di antaranya, menggambar, menulis dan membaca puisi, drama, debat, dan shalawat. Tadabur alam merupakan kegiatan kali kedua yang sudah dilaksanakan oleh komunitas Sanggar Pelangi. Aktivitas belajar sambil bermain yang dilaksanakan di alam terbuka diyakini para fasilitator sebagai media terbaik untuk mendekatkan siswi-siswi MI 3 Annuqayah dengan alam.
Selain Sanggar Pelangi, Madrasah Ibtidaiyah 3 Annuqayah juga memiliki program kursus bahasa Arab yang dilaksanakan setiap Kamis sore, kursus Matematika dan bahasa Inggris setiap Jum'at pagi.

Tidak ada komentar: