20 Mei 2009

Anggota Tim Sampah Plastik Mengikuti Kegiatan Pelatihan Menulis


Siti Nujaimatur Ruqayyah, siswi XI IPA SMA 3 Annuqayah, Koordinator Data & Dokumentasi Tim Sampah Plastik School Climate Challenge Competition British Council

Dua anggota Tim Sampah Plastik School Climate Challenge (SCC) SMA 3 Annuqayah (yakni saya dan Sulhatus Sayyidah) mengikuti kegiatan pelatihan menulis yang dilaksanakan oleh BPM-PPA (Biro Pengabdian Masyarakat Pondok Pesantren Annuqayah). Kegiatan ini diikuti oleh 25 orang peserta yang terdiri dari staf BPM-PPA, mitra dampingan, dan undangan khusus. Namun peserta yang hadir saat itu kurang lebih 17 orang.
Acara ini dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Acara pertama berlangsung pada hari Ahad (10/5) bertempat di Aula Madaris 3 Annuqayah. Pada pelatihan yang dimulai pukul 13.30 WIB ini kami dibimbing untuk memiliki kemampuan menulis feature sehingga dapat menuangkan pengalaman kami di kegiatan peduli lingkungan dalam tulisan yang baik.
Saya sangat menyukai acara ini. Abrari Al-Zael dari Radar Madura Biro Sumenep yang menjadi fasilitator acara tersebut sangat telaten membimbing kami. Dengan sabar dan terperinci beliau menjelaskan bagaimana cara menulis feature yang baik.
Kegiatan ini akan sangat membantu saya, karena di proyek saya sebenarnya ada kegiatan menulis berupa catatan tentang kegiatan di proyek kami yang nantinya akan digandakan menjadi buku sederhana. Nantinya buku ini akan membantu tersebarnya pengetahuan, informasi, kesadaran, dan sikap peduli terhadap lingkungan khususnya, berkaitan dengan sampah plastik terhadap masyarakat secara luas.
Kami mendapat kesempatan untuk mempraktikkan apa yang didapat dalam kegiatan ini dengan menuliskan kegiatan di proyek kami masing-masing dalam bentuk feature. Kami diberi waktu selama 1 minggu, dan tulisan kami itu kemudian akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Ahad berikutnya, yakni tanggal 17 Mei, Abrari membahas tulisan-tulisan kami dan memberi catatan kritis agar bisa menulis lebih baik lagi.

Tidak ada komentar: