03 Mei 2009

Pengalaman Pertama Bersosialisasi tentang Pupuk Organik

Anisah, siswi XI IPA SMA 3 Annuqayah, Koordinator Riset Tim Pupuk Organik School Climate Challenge Competition British Council

Sinar matahari menyengat tubuh kami. Akan tetapi, bagaimanapun juga, kami tetap harus berangkat untuk sosialisasi pupuk organik di Kompolan Al-Amir Guluk-Guluk. Sosialisasi kami tidak didampingi oleh kedua pembimbing kami. Tapi meskipun tidak didampingi, kami tetap bersemangat. Alhamdulillah sosialisasi kami berjalan dengan lancar walaupun di sana-sini masih ada kekurangan walaupun sedikit. Maklumlah, karena sosialisasi ini merupakan yang pertama kalinya kami laksanakan.
Jum’at (1/5) siang sekitar pukul 14.00 WIB Tim Pupuk Organik mulai bersosialisasi di acara muslimatan yang bertempat di PP Annuqayah Al-Amir Guluk-Guluk. Kami pergi ke sana hanya berempat: saya sendiri, Siti Mailah, Rasyidah, dan Nurul Hasanah. Khoyyimah sudah menunggu di tempat, karena kebetulan rumahnya berdekatan dengan tempat acara.
Tujuan utama kami dalam sosialisasi ini ingin menerangkan sedikit tentang manfaat memakai pupuk organik dan dampak negatifnnya memakai pupuk kimia. Kami juga ingin menggugah kepedulian mereka untuk bisa memanfaatkan limbah pertanian di sekitar.
Sebelum acara kami berlangsung, kami masih mengikuti pengajian yang biasa dilaksanakan setiap acara itu dilaksanakan. Setelah pengajiannya selesai, Ibu Mus’idah, guru SMA 3 Annuqayah yang juga aktif di kompola tersebut langsung memperkenalkan kami dan maksud tujuan kami hadir di situ. Sebelum itu, sebagai pendahuluan, Ibu Mus’idah menerangkan sedikit tentang pemanasan global, kemudian diganti oleh Siti Mailah, anggota Tim Pupuk Organik, yang langsung membahas sedikit tentang pupuk organik dan bahaya memakai pupuk kimia.
Sebelum kami selesai menerangkan, ternyata mereka langsung tanggap dengan penjelasan kami dan menurut mereka lebih baik jika pupuk organik harus diseimbangkan dengan air. Ternyata respons mereka sangat bagus dan bagi kami hal itu merupakan suatu pelajaran yang sangat berharga.

Tidak ada komentar: