31 Oktober 2011

Keliling Indonesia Melalui Buku dan Film


Masluhatun & Ruka'iya, siswa kelas XI IPS 1 dan XII IPA SMA 3 Annuqayah

Guluk-Guluk—Kamis malam kemarin (27/10), OSIS SMA 3 Annuqayah menggelar kegiatan peringatan Sumpah Pemuda dengan mengadakan acara pembacaan fragmen dan pemutaran film dokumenter Meraba Indonesia: Ekspedisi "Gila" Keliling Nusantara karya Ahmad Yunus (Serambi, Juli 2011). Kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkuat rasa persatuan dan memupuk semangat pemuda sebagai generasi bangsa.

Acara ini berlangsung pada malam hari di halaman Perpustakaan Madaris 3 Annuqayah. Sebelum acara dimulai, siswi dan undangan yang hadir lebih dulu disuguhi hiburan berupa foto-foto pemandangan dan video-video lucu tapi bermakna.

Dalam acara ini, OSIS mengundang beberapa perwakilan dari lembaga-lembaga mitra di tiga kecamatan, yaitu Guluk-guluk, Ganding, dan Pragaan, meliputi kepala sekolah, Pembina OSIS, pengurus OSIS, pengurus daerah pondok pesantren di lingkungan Annuqayah, pengasuh pondok daerah sabajarin, guru-guru di Madaris 3 Annuqayah, masyarakat sekitar dan Camat Guluk-Guluk. Namun tidak semua undangan hadir. Begitu juga dengan Camat Guluk-Guluk, dikarenakan ada kepentingan lain di Sumenep, sehingga pada saat menyampaikan sambutan diwakilkan oleh Minhaji, S.E.

Dalam sambutannya Camat yang dibacakan tersebut, Pak Camat memberikan dukungan kepada OSIS SMA 3 Annuqayah atas dilaksanakannya acara ini.

"Dalam memperingati hari Sumpah Pemuda ini, acara pemutaran film dokumenter ini sangat menarik. Buku yang dibacakan fragmennya dan film dokumenter ini penuh nilai-nilai kebangsaan sehingga menghidupkan rasa kebangsaan kita. Film ini bercerita tentang perjalanan dua orang wartawan yang menunjukkan rasa cintanya terhadap Indonesia dengan cara keliling Indonesia," tutur kepala SMA 3 Annuqayah dalam sambutannya. "Masa depan suatu negara terletak pada generasi mudanya yang bertanggung jawab, berpengetahuan, dan pandai bersikap dan bergaul dengan baik," lanjutnya.

Penutupan acara pembukaan ditutup dengan pembacaan surat Al-Kautsar bersama. Selanjutnya acara pemotongan tumpeng oleh kepala SMA 3 Annuqayah yang kemudian diserahkan kepada Ny. Wardah Mahfud, salah satu pengasuh pondok di daerah Sabajarin.

Setelah itu masuk pada acara inti, yaitu pembacaan fragmen oleh Anisah, siswa kelas XI IPA SMA 3 Annuqayah, dan pemutaran film dokumenter Meraba Indonesia: Ekspedisi "Gila" Keliling Nusantara.

Acara ini juga dimeriahkan oleh Paduan Suara Madaris 3 Annuqayah dengan menyanyikan beberapa lagu, di antaranya mars Madaris 3 Annuqayah, hymne Madaris 3 Annuqayah, hymne Annuqayah, dan lagu-lagu kebangsaan.

Film ini menceritakan perjalanan Farid Gaban dan Ahmad Yunus, keduanya wartawan, berkeliling Indonesia selama satu tahun. Film ini berdurasi sekitar 45 menit.

Namun di balik kesuksesan acara ini terdapat kendala yang cukup serius, yaitu pada sore sebelumnya panitia kebingungan karena tidak mendapatkan banner yang tepat sebagai layar LCD proyektor. Banner yang biasa digunakan tak ada di tempat yang semestinya. Baru pada jam 17.00 WIB akhirnya panitia menemukan benner yang tepat. Hal itu membuat panitia yang awalnya marasa tegang dan khawatir jadi tenang dan gembira. Suasana kembali tenang dan canda tawa panitia pun kembali terdengar termasuk juga Pembina OSIS dan kepala sekolah.


4 komentar:

M. Faizi mengatakan...

sukses dan semoga ada kegiatan yang lebih gebyar.

Klab Bahari mengatakan...

Salam,

Terima kasih sudah menayangkan film ekspedisi Zamrud Khatulistiwa dan catatan perjalanan Meraba Indonesia. Saya senang sekali pengalaman kami berdua bisa memberi pengetahuan sekaligus inspirasi bagi kaum muda. Mohon maaf tidak bisa datang dan mengikuti acara tersebut. Salam untuk semua. Terima kasih.

M. Faizi mengatakan...

Klab Bahari: Waw, selamat untuk Anda yang telah melakukannya. Senang sekali.

katakina mengatakan...

keren keren keren....