24 Oktober 2011

Melejitkan Kreativitas Siswa dengan Pelatihan Dekorasi


Ruka'iya, siswa kelas XII IPA SMA 3 Annuqayah

Guluk- Guluk—Hari Jum’at tanggal 14/10 kemarin OSIS SMA 3 Annuqayah mengadakan Pelatihan Pembuatan Dekorasi yang dibimbing oleh Badrus Sholeh  dan temannya yang ikut menemaninya, Edy.

Ide acara ini berasal dari K.M Faizi, M.Hum. Beliau mempercayakan kepada OSIS divisi kesenian untuk melaksanakan acara tersebut.

Pada hari itu, OSIS juga mengadakan acara lain, yakni diskusi buku Beasiswa Erasmus Mundus, sehingga membuat OSIS merasa kewalahan untuk mengatur keberlangsungan kedua acara tersebut yang bertepatan di hari yang sama. Kemudian OSIS membuat strategi yakni dengan cara anggota OSIS divisi kesenian yang bertugas mengkoordinir acara pembuatan dekorasi. Untuk anggota lainnya menangani kegiatan diskusi buku.

Pada saat acara, K.M Faizi juga ikut menghadiri sekaligus membuka acara tersebut. Acara ini dihadiri oleh siswa SMA 3 Annuqayah, kelas X, XI, XII yang berminat.

Setelah pembukaan, acara kemudian langsung diserahkan kepada Badrus Sholeh. Namun sebelumnya Edy yang memulai untuk menyapa dan memberi kata pengantar seputar diri mereka. Edy menjelaskan bahwa ia hanya ikut menemani bukan sebagai pembimbing dan dia hanyalah seorang penyair.

Mendengar hal itu, peserta pun langsung meminta dirinya untuk membacakan suatu puisi. Awalnya ia malu namun karena banyak suara yang memintanya, akhirnya ia pun melantunkan puisi karangannya.

Dengan penampilan tersebut, suasana pada saat itu ramai dengan sorak-sorak peserta yang merasa terhibur.

Waktu telah menunjukkan jam 10.00 WIB. Kini saatnya Badrus Sholeh menjelaskan tentang langkah-langkah pembuatan huruf A-Z yang harus ditempuh. Bahan yang diperlukan  kertas suku, gabus, gunting dan lem. Pilihan warnanya tergantung selera.

Kemudian Badrus pun memberikan instruksi kepada peserta. Tanpa disuruh peserta pun memperhatikan dan langsung membuatnya juga. Setelah dilalui, ternyata pembuatannya susah-susah gampang.

Akan tetapi dengan terus mencoba dan melatih kita dapat menyelesaikannya dengan mudah. Karena setiap apa yang kita jalani butuh proses, tutur Badrus.

Saat itu sudah siang hari, tetapi pokok pembahasan belum selesai. Kebetulan hari itu hari Jumat. Akhirnya peserta diistirahatkan terlebih dahulu dan kembali lagi pada jam 13.00 WIB.

Pada jam 13.00 WIB, pembuatan dekor dilanjutkan kembali. Setelah peserta sudah paham dalam pembuatan huruf, selanjutnya pembuatan dekor.

Edy yang telah menyiapkan gabus kemudian memerintahkan kepada seluruh peserta untuk tidak menggunakan huruf yang telah dibuatnya. Akan tetapi diperintah untuk membuat lagi huruf yang sesuai dengan kata-kata mutiara yang telah disiapkan panitia.

Peserta pun mengikuti perintah tersebut dan melaksanakannya sehingga menghasilkan hasil karya yang cukup bagus.

Pada hari Ahad tanggal 16/10 acara pelatihan pembuatan dekor dilanjutkan. Pokok pembahasan masih sama. Hanya saja, dalam pembuatan dekor, medianya tidak menggunakan kertas suku lagi akan tetapi menggunakan gabus untuk membuat huruf yang ditempel dan membutuhkan cat.

Acara yang kedua ini berlangsung dengan lancar dan sukses dan menghasilkan beberapa kreasi siswa yang sangat bagus.


Tidak ada komentar: