09 September 2012

Pra-Mosba Penuh Warna

Aniyatul Jannah (MTs 3 Annuqayah) dan Masluhatun (SMA 3 Annuqayah)

Guluk-Guluk—Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap siswa baru MTs 3 Annuqayah dan SMA 3 Annuqayah harus mengikuti Masa Orientasi Siswa Baru (Mosba). Mosba tahun ini berlangsung sejak tanggal 06-10 September. Dua hari pra-Mosba dan tiga hari Mosba. Seluruh kegiatan ini berpusat di Laboratorium IPA SMA 3 Annuqayah.

Sama seperti tahun sebelumnya, siswa kelas VIII dan IX (MTs), dan siswa kelas XI dan XII (SMA) yang tidak mengikuti Mosba pada tahun sebelumnya juga harus ikut Mosba tahun ini.

Pada saat pendaftaran, banyak calon peserta Mosba yang menangis saat berhadapan dengan panitia di posko-posko pendaftaran, terutama siswa yang baru masuk MTs. Ini terjadi karena kurangnya kesiapan mental yang dimiliki siswa. Hal itu juga dipengaruhi oleh adanya “tekanan” dari kakak-kakak kelasnya sehingga siswa merasa takut/ragu atau merasa tidak percaya diri untuk mengikuti Mosba. Bahkan ada siswa yang sampai marah kepada panitia karena menganggap panitia terlalu keras kepada siswa tersebut. Padahal panitia telah bertanya secara baik-baik.

Pada hari Kamis (6/9) pukul 10.00 WIB pendaftaran Mosba dihentikan karena petugas dari PMI Pamekasan telah sampai di Madaris III Annuqayah untuk sesi tes golongan darah. Banyak ekspersi lucu para siswa saat jari tangan akan ditusuk dengan jarum steril oleh petugas PMI. Ada yang berteriak bahkan sampai menangis.

Ada pula beberapa siswa, selain peserta Mosba, yang juga ikut tes golongan darah ini. Termasuk panitia dan beberapa guru.

Namun kegiatan pendaftaran Mosba tidak dapat dilanjutkan karena selain waktu yang tidak memungkinkan juga para siswa, calon peserta Mosba, terlihat sangat lelah. Dan kegiatan ini dilanjutkan pada keesokan harinya.

Setelah kegiatan pendaftaran selesai pada Jum’at (07/09) pagi, kegiatan dilanjutkan pada technical meeting. Panitia menjelaskan seragam dan aksessoris apa saja yang harus dipakai peserta Mosba, dan pembagian kelompok menjadi 11 kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari 10-11 anggota.

Seperti halnya pada kegiatan lain di Annuqayah. Kegiatan pra-Mosba ini juga mengalami jam karet.

Tidak ada komentar: