30 September 2012

Kompolan Yuk...

Masluhatun, XII IPS 1 SMA 3 Annuqayah

Guluk-Guluk—Satu lagi program kegiatan di SMA 3 Annuqayah dimulai dan mendapat respons positif dari berbagai kalangan. Kegiatan tersebut merupakan program baru Waka Kesiswaan, Mus’idah Amin, S. Pd. I. Kegiatan ini bernama “Forum Siswa Kalong” (FSK). Kegiatan perdana FSK diadakan di rumah salah satu siswa SMA, yaitu Maisaratul Hasanah siswa kelas XII IPA 2 (putri Bapak Sulaiman) yang bertempat tinggal di Kambingan Timur, Saronggi. Acaranya diadakan pada Kamis (20/09) siang kemarin.

FSK merupakan kegiatan khusus untuk siswa kalong (colokan) dan melibatkan semua siswa kalong di SMA 3 Annuqayah yang saat ini berjumlah 67 orang. Tujuannya agar siswa kalong memiliki kegiatan rutin dan bermanfaat. Juga sebagai ajang untuk mempererat tali silaturrahim. Kegiatan seperti ini sudah pernah direncanakan pada tahun sebelumnya tapi baru terlaksana pada tahun ini.

Pada kegiatan ini juga hadir K. M. Mushthafa, S.Fil.,M.A., Mus’idah Amin, S.Pd.I., Khofiyatul Jannah, S.Pd.I. Nyai Fairuzah, M.A., hadir sebagai pengisi tausiyah.

Kegiatan ini tersusun dalam beberapa rangkaian acara mulai dari pembukaan, pembacaan ayat suci al-Qur’an, pembacaan shalawat Nabi, sambutan, pembacaan surat Yasin bersama dan acara inti yaitu tausiyah. Kemudian diakhiri dengan penutup/doa.



Tema yang diangkat dalam tausiyah yang singkat itu adalah “Pengaruh Buruk Modernitas bagi Remaja” terutama dipandang dari kacamata agama. Dalam tausiyahnya Nyai Fairuzah menyampaikan berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi tidak hanya memberi dampak positif bagi remaja tapi juga ada dampak buruknya. Dampak buruk ini dapat diantisipasi dengan membentengi dengan iman, taqwa, dan ilmu.

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih satu setengah jam itu berakhir pada pukul 16.25 WIB. Dalam perjalanan pulang, rombongan berhenti di salah satu mesjid untuk shalat Ashar.

Tidak ada komentar: