12 September 2012

Penutupan Mosba Penuh Drama

Masluhatun, XII IPS 1 SMA 3 Annuqayah

Guluk-Guluk—Senin (10/09) pagi, seperti biasa peserta telah berkumpul di depan Laboratorium IPA tepat jam 07.00 WIB. Peserta terlihat lebih bersemangat karena Mosba akan berakhir hari itu.

Sebelum materi dimulai, peserta dan panitia pergi ke pengasuh PPA Karang Jati (Nyai Hj. Thoyyibah) untuk sowan. Sowan pengasuh ke PPA Al-Furqan (Nyai Hj. Wardatun dan Nyai Makkiyah) sebelum materi kedua dimulai. Sedangkan sowan pengasuh ke PPA Latee Utara (Nyai Maryam) dilakukan pada sore hari sebelum ziarah kubur.

Ada tiga materi terakhir yang harus diikuti peserta. Yaitu materi “Metode Belajar Efektif” oleh Nyai Iffah al-Batul, S.Ag., materi “Kepemimpinan dan Keorganisasian” oleh K. M. Affan, S.Ap., dan materi “Meneguhkan Tradisi Aswaja di Pesantren” oleh K.H. M. Husnan, S.Ag.

Ketiga materi disampaikan dalam waktu yang berurutan dengan selang waktu antara materi yang satu dengan lainnya sekitar 30 menit. Seharusnya materi ketiga dilaksanakan pada jam 13.30-15.00 WIB. Namun berhubung K.H. M. Husnan, S.Ag., tidak bisa hadir pada waktu yang sudah ditentukan panitia, maka waktu untuk materi tersebut dipindah ke jam 11.30-13.00 WIB.

Peserta kembali ke tempat Mosba pada jam 14.00 WIB. Waktu luang yang ada sebelum shalat Ashar berjama’ah digunakan untuk permainan dan penampilan yel-yel yang dilakukan di dalam Laboratorium IPA.

Setelah shalat Ashar berjamaah peserta berkumpul di depan Laboratorium IPA untuk pergi ke Latee Utara. Kemudian dilanjutkan dengan ziarah kubur ke kompleks pemakaman pengasuh Annuqayah yang berada di utara TK Annuqayah.



Suasana menjadi tegang saat penutupan Mosba di halaman SMA 3 Annuqayah karena ada seorang peserta yang mendapat masalah dan berimbas pada beberapa peserta Mosba yang lain. Namun hal itu hanyalah rekayasa panitia agar penutupan Mosba lebih berkesan. Caranya dengan menyudutkan para peserta “the best” dengan kesalahan yang tidak mereka lakukan. Saat suasana semakin tegang, Mus’idah Amin, S.Pd.I mengumumkan Sakiyah sebagai peserta the best tingkat SMA dan Imroatul Istiqamah sebagai the best dari MTs. Sedangkan kelompok terbaik adalah kelompok enam.

Dengan pengumuman peserta the best tersebut maka berakhirlah Mosba 2012/2013 yang diadakan oleh OSIS MTs 3 Annuqayah dan SMA 3 Annuqayah pada jam 17.20 WIB. Dan sebelum panitia berpisah, panitia makan bersama dan berfoto bersama sebagai kenang-kenangan.

Tidak ada komentar: