10 April 2011

Belajar dengan Praktik itu Menyenangkan

Rukaiyah, XI IPA SMA 3 Annuqayah

Guluk-Guluk—Hari Rabu 6 April yang lalu, siswa kelas XI IPA SMA 3 Annuqayah melakukan praktikum tentang tegangan permukaan air. Percobaan ini bertujuan untuk memudahkan pemahaman siswa mengenai tegangan permukaan suatu zat cair.

“Selain itu percobaan ini juga bertujuan agar pembelajaran tidak membosankan. Jika hanya lewat teori saja, anak-anak bisa bosan. Jadi harus praktik langsung,” papar Syaiful Bahri, guru fisika SMA 3 Annuqayah.

Sebelum kegiatan praktikum dimulai, para siswa harus menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Untuk mendapatkan bahan-bahannya tidak terlalu sulit. Bahan yang diperlukan di antaranya: gayung/bekas gelas air mineral, air, silet.

Langkah kerja yang pertama adalah memasukkan air ke dalam gayung/bekas gelas air mineral. Setelah terisi, biarkan sampai air di wadah benar-benar dalam keadaan tenang. Setiap benda yang terletak pada suatu bidang Akan melakukan tekanan pada bidang tersebut, termasuk juga zat cair, dan itu disebut tekanan hidrostatik.

Selanjutnya, apabila air sudah dalam keadaan datar dan tenang, maka langkah selanjutnya tinggal mencelupkan silet yang telah disiapkan. Namun cara meletakkannya tidak sembarang menempatkan begitu saja, kemudian selesai. Tetapi ada tekniknya, yakni cara memegang bahan yang akan diuji harus dalam keadaan lurus, karena besarnya tegangan permukaan suatu zat cair dipengaruhi oleh keadaan permukaan zat cair. Misalnya suhu, semakin tinggi suhu zat cair semakin kecil tegangan permukaannya.

Setelah langkah kerja selesai dikerjakan, dan suatu benda yang berada dalam bejana yang terisi zat cair diam dan benda itu tercakup sebagian maka benda itu akan terapung.

“Dengan adanya praktikum ini, anak-anak dapat memahami teori dan bisa mempraktikkannya. Selain itu, anak-anak dapat turun langsung mencobanya. Akhirnya siswa merasa puas dan senang dalam belajar,” tutur salah satu siswi kelas XI IPA yang juga mangikuti percobaan itu. Suasana pada saat itu, tampak tenang tapi para siswa tetap aktif dan berantusias sekali melakukan percobaan.

Tidak ada komentar: