02 Oktober 2014

Pemilihan Ketua OSIS SMA 3 Annuqayah



Jamilatur Rohma, XII IPS 2 SMA 3 Annuqayah

Guluk-Guluk—Masa kepengurusan Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA 3 Annuqayah periode 2013/2014 akan berakhir. Oleh karena itu, diadakan serangkaian acara reformasi untuk menjaring kader atau kandidat pengurus OSIS yang nantinya akan dipilih oleh seluruh siswa dan guru di SMA 3 Annuqayah. 

Setiap kelas X dan XI mengirimkan 2 orang perwakilannya sehingga terdapat 12 kandidat yang nantinya akan memperebutkan 4 kursi utama. Acara penjaringan berlangsung selama 3 hari sebelum pemilihan.

Acara penjaringan hari pertama berlangsung pada hari Ahad, 21 September 2014. Pukul 09.00 WIB, 12 kandidat sebelum seleksi berkumpul diatas panggung untuk memaparkan pandangan, argumen, dan juga kecakapan lainnya untuk tema yang telah ditentukan panitia.

Tema yang diambil untuk reformasi OSIS kali ini adalah Meneladani Akhlak Rasulullah.  Setelah semua  kandidat melakukan orasinya, tim juri (Ny. Khadijah, K. M. Khatibul Umam dan K. Ahmad Hassan Tsabit) menyeleksi 12 kandidat yang akan dipilih menjadi 4 kandidat. Kandidat terpilih ini  nantinya berhak untuk dipilih sebagai ketua OSIS oleh seluruh warga di SMA 3 Annuqayah. Singkatnya, para kandidat terpilih adalah Asmaul Husna (X IPA), Anis Sulalah (XI IPS 1), Siti Nur Haliza (X IPS 1), dan  Nur Aini (X IPA).

Agenda hari selanjutnya, yakni Senin tanggal 22 September 2014,  kandidat terpilih ini memperkenalkan visi dan misi yang diusung masing-masing kandidat jika nantinya terpilih menjadi ketua OSIS.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, para kandidat calon ketua OSIS ini akan mendapatkan nama dan juga pendukung yang dipilihkan oleh panitia. Jika di tahun sebelumnya para calon ketua OSIS menggunakan nama pahlawan wanita untuk setiap kandidat, maka tahun ini para kandidat dinamai sesuai dengan nama pohon yang ada dan tumbuh di daerah Madura. Asmaul Husna mendapatkan nama Kornes dengan pendukung dari kelas  XII IPS 1 dan X IPS 2, Siti Nur Haliza mendapatkan nama Jheteh dengan pendukung dari XII IPA, X IPS 1 dan XI IPS 2, Nur Aini dengan nama Mahoni dengan pendukung dari kelas XII IPS 2 dan XI IPA, dan yang terakhir Anis Sulalah  mendapat nama Sengon dengan pendukung kelas XI IPS 1 dan X IPA.

Setelah pemaparan visi dan misi, pada hari Selasa, 23 September 2014 masing-masing calon menyampaikan orasi dan berkampanye untuk memenangkan pemilihan. Setelah itu para pendukung dari masing-masing calon juga juga menampilkan yel-yel untuk membuat calon yang didukung bertambah percaya diri dan bersemangat.

Hari pemilihan dilaksanakan pada Rabu, 24 September 2014. Pukul 08.30 WIB, para calon duduk di atas panggung bersama ketua OSIS SMA 3 Annuqayah 2013/2014 untuk menyaksikan proses pemilihan umum secara langsung. Sebelum dimulai, para panitia yang semuanya adalah pengurus OSIS periode 2013/2014 melakukan ikrar yang dipimpin langsung oleh Mus’idah Amin selaku pembina OSIS di SMA 3 Annuqayah. Ikrar tersebut berisi janji dan peneguhan bahwa panitia tetap bersikap netral dan tidak berpihak ke salah satu calon selama pemilihan berlangsung.

Setelah ikrar, pemilihan calon ketua OSIS dibuka dan peserta pemilih pertama yaitu pembina OSIS SMA 3 Annuqayah diikuti juga seluruh guru dan staf TU. Baru setelah itu giliran siswa.

Di saat para siswa sedang antre memilih. Ada beberapa peserta pemilih yang cukup menarik perhatian, yaitu ikut berpartisipasinya para penjual makanan dan juga penjaga kantin yang ada di lingkungan Madaris III Annuqayah.

Mus’idah yang ditemui saat penghitungan suara menjelaskan bahwa para penjual itu sudah dianggap termasuk dalam warga atau keluarga besar SMA 3 Annuqayah sehingga juga diberi hak suara. “Seperti Buk Sa’, beliau sudah berjualan di sini lama sekali, sudah bertahun-tahun,” tambah Mus’idah.

Setelah penghitungan suara yang disaksikan oleh semua siswa dan calon ketua OSIS, akhirnya dari hasil perolehan suara, Asmaul Husna tepilih menjadi ketua OSIS menggantikan Chairun Nisa’ dengan suara yang diperoleh sebanyak 143 suara dari 193 pemilih. Semua surat suara dinyatakan sah.

Setelah penghitungan suara, acara dilanjutkan serah terima jabatan dari ketua OSIS periode 2013/2014 kepada Asmaul Husna untuk melanjutkan tugas dan juga menjalankan visi dan misi yang direncanakan.


Tidak ada komentar: