29 April 2016

Hari Buku bersama “Gubuk Cerita”



Zaimatul Ummah, Siswa SMA 3 Annuqayah, XI IPA
 
Guluk-Guluk, 23 April 2016. Bertepatan dengan Peringatan Hari Buku Sedunia, Perpustakaan Madaris 3 Annuqayah kedatangan seorang tamu. Namanya Ragil Cahya Maulana, seorang pustakawan dari Malang. Ragil adalah pendiri komunitas Gubuk Cerita, yang merupakan perpustakaan berjalan dan lebih aktif dalam upaya menggerakkan semangat dan etos membaca. 

Menurutnya, perpustakaan yang berbentuk ruangan, memiliki keterbatasan dan cenderung lebih berfokus pada hal-hal yang bersifat administratif saja. Sebaliknya, gubuk cerita menginformasikan dan mendatangkan buku-buku yang tersedia kepada media-media sosial. Hal ini, dianggapnya jauh lebih efektif. Itulah beberapa alasan didirikannya komunitas ini.

Adapun format peminjamannya adalah dengan mengantar dan menjemput buku tersebut kepada pembaca secara cuma-cuma. Selain kegiatan pinjam-meminjam, Gubuk Cerita juga mengadakan kegiatan menyampul buku bersama. Tujuannya adalah agar peminjam mampu belajar merawat buku dengan baik.

Di samping itu, komunitas gubuk cerita juga mengadakan pembacaan buku dan diskusi bersama. setelah memilih genre buku yang ingin dibaca, para pembaca kemudian membahasnya secara mendalam dan detail sehingga pembaca tidak hanya mampu menghadirkan isi secara tekstual, namun juga secara kontekstual.

Dari pemaparan Ragil, dapat disimpulkan bahwa perpustakaan yang baik tak hanya mengelola ruang pustaka yang bersifat formalitas pinjam-meminjam dan penataan buku, namun lebih dari itu, yaitu bagaimana membangun pengembangan dan kemampuan membaca secara efektif. Diskusi yang dimulai bakda ashar dan dihadiri oleh pustakawan dan beberapa orang siswa itu berangkhir pada pukul 17.00.

Tidak ada komentar: