20 April 2013

10 Kata per Hari Agar Mudah Belajar Bahasa Inggris


Lu’luil Maknun, XI IPS 1 SMA 3 Annuqayah

10 kata per hari merupakan program menghafal 10 kosakata Bahasa Inggris setiap hari. Awalnya saya berpikir bahwa 10 kata per hari bisa membuat saya sedikit demi sedikit memahami Bahasa Inggris sekaligus dapat menambah perbendaharaan kosakata Bahasa Inggris yang saya miliki.

Ide ini muncul ketika pada suatu hari saya sedikit kesulitan untuk menyerap penjelasan guru Bahasa Inggris saya. Saya lalu mencari cara bagaimana saya bisa menghafal kosakata yang ada di dalam buku Bahasa Inggris tersebut sehingga muncullah ide 10 kata per hari.

10 kata per hari memiliki jadwal tersendiri dalam rutinitas saya. Saya menjadikannya sebagai pembuka—untuk bacaan wajib saya yang harus saya baca (sesuai jadwal sekolah)— yaitu setelah selesai shalat Isyak, tepatnya pada pukul 19.00 WIB.

Tapi meskipun demikian, jadwal yang saya buat tersebut tidak konsisten,  karena terkadang saya disibukkan dengan aktivitas di luar sekolah—seperti kegiatan ekstrakurikuler, atau karena sedang mempersiapkan sebuah acara yang akan dilaksanakan sekolah maupun OSIS—sehinggga  kegiatan menghafal tersebut tidak terlaksana sesuai waktunya.

Program ini saya mulai pada tanggal 25 Maret 2013 tepatnya hari Senin. Kata yang saya hafalkan saya cari di buku Bahasa Inggris yang tidak saya mengerti  lalu saya mencari artinya di kamus secara manual. Awalnya, saya berpikir bahwa lebih praktis memakai kamus elektronik, karena waktu itu saya mempunyai program Kamus PD English berbasis java di HP saya. Namun saya lalu teringat pada perkataan guru saya, M. Mushthafa, bahwa kamus elektronik itu akan membuat kita manja dan tidak terbiasa dengan kamus. Akhirnya saya memutuskan untuk memakai kamus manual.

Karena beberapa alasan yang membuat saya sulit mengatur waktu, saya mulai menyusun jadwal baru saya. Dalam seminggu, 5 hari saya gunakan untuk menghafalkan kosa kata sedangkan dua harinya, yakni hari Ahad dan Jum’at, saya gunakan untuk latihan menerjemah.

Sempat terpikir oleh saya, berapa banyak kosa kata yang akan saya hafal jika saya melakukannya secara rutin? Dalam waktu satu minggu saya bisa menghafal 50 kosa kata, berarti dalam waktu satu bulan saya akan menghafal kurang lebih 220 kata. Bagaimana jika satu tahun?

Program ini masih terfokus pada kosakata Bahasa Inggris saja. Untuk tahun mendatang, saya mencanangkan program-program kebahasaan lain seperti istilah-istilah Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab yang tidak saya ketahui artinya.

Tidak ada komentar: