26 April 2013

PSG Berbagi Kepedulian Lingkungan di Peringatan Hari Bumi

Lu’luil Maknun, XI IPS 1 SMA 3 Annuqayah

Guluk-Guluk—Sehari sebelum merayakan hari jadi Pemulung Sampah Gaul (PSG) SMA 3 Annuqayah yang ke-5, anggota PSG yang terdiri dari tiga tim, yaitu tim sampah plastik, tim pangan lokal, dan tim pupuk, berkumpul di depan kantor SMA 3 Annuqayah untuk membuat kreasi untuk perayaan ulang tahun yang bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22 April) itu.

Hasil kreasi yang mereka buat berupa kartu ucapan dan poster. Poster ini terbuat dari bahan-bahan organik dan bahan bekas, seperti dedaunan, ranting pohon, kardus, dan sampah plastik yang dikreasikan menjadi berbagai macam rupa dan bentuk. Poster tersebut berisi pesan, ajakan, dan himbauan untuk menjaga dan merawat lingkungan. Selain itu, poster tersebut berisi baraneka ragam gambar yang sarat dengan pesan-pesan untuk mencintai lingkungan.

Sebelum menyebarkan poster-poster dan kartu ucapan tersebut, seluruh anggota PSG SMA 3 Annuqayah mengunjungi tempat pembuangan sampah akhir (TPA) Pondok Pesantren Annuqayah yang berada di Bukit Lancaran. Mereka berangkat pada pukul 6 pagi dari sekolah.

“TPA yang sekarang sangat berbeda dengan TPA yang dulu. Karena sampahnya semakin banyak dan berserakan,” komentar Ulfa Wulandari, salah satu anggota tim pupuk ketika selesai mengunjungi TPA.

Setelah dari TPA, tim PSG mulai melakukan aksinya dengan meletakkan berbagai macam poster dan membagi-bagikan kartu ucapan. Poster tersebut diletakkan di tempat-tempat umum, seperti di kampus Instika, di pertigaan Toko Yayasan, dan di jalan umum lainnya.

Tim PSG juga berkeliling untuk mendengar suara para pecinta lingkungan. Suara tersebut ditulis di kertas karton yang sudah disediakan. Di atas kertas karton tersebut terpampang sebuah pertanyaan “Apa tindakan yang akan Anda lakukan untuk menyelamatkan Bumi?”

Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut tim PSG meminta jawaban ke setiap orang, mulai dari guru, dosen, siswa, mahasiswa, dan penjaga toko. Jawaban yang mereka tulis bermacam-macam. Ada yang menulis agar tidak membuang sampah sembarangan, tidak menebang pohon, melakukan reboisasi, dan agar supaya membawa tas sendiri ketika pergi berbelanja.

Aksi menyebarkan kartu ucapan dan penempelan poster tersebut selesai pada pukul 13.40 WIB.

Tidak ada komentar: