27 April 2013

Belajar dengan Musik Itu Menyenangkan!!!


Lu’luil Maknun, XI IPS 1 SMA 3 Annuqayah

Hari ini hari Sabtu, dan jam pertama saya pelajaran Bahasa Indonesia. Gurunya Bu Juwairiyah. Tentu saya sangat senang sekali, karena materi Bahasa Indonesia merupakan salah satu materi favorit saya. Materi ini menurut saya sangat menarik, karena saya harus mengolah kata-kata untuk menjadi kalimat yang padu, dan dari kalimat tersebut lahirlah opini, artikel, tajuk rencana, naskah drama, dan sebagainya.

Materi kali ini membahas mengenai kalimat serapan. Setelah menerangkan materi tersebut, Bu Juwairiyah memberi tugas untuk dikerjakan kepada para siswa. Tugasnya berupa kata yang ada di Uji Kompetensi 4. Kata tersebut merupakan kata serapan yang masih belum diperbaiki dalam kaidah penulisan yang berlaku dalam Bahasa Indonesia.

Ketika mengerjakan 14 butir soal tersebut, banyak teman-teman yang kesulitan—tak terkecuali saya—dan banyak teman-teman yang bertanya kepada Bu Juwairiyah. Ketika membantu menjawab pertanyaan teman-teman yang sedang kesulitan, selain memberi penjelasan ulang, Bu Juwairiyah juga mengatakan bahwa untuk membiasakan diri dengan kalimat-kalimat tersebut, kita harus banyak membaca. Dengan membaca, kita akan terbiasa dengan kata-kata baru yang awalnya tidak diketahui maksud ataupun artinya.

Hah, lagi-lagi membaca. Membaca memang penting, dan saya sangat menyadari hal itu. Saya sangat bersyukur karena saya termasuk orang yang suka membaca buku—juga karena saya bersekolah di sekolah yang sangat menganjurkan budaya membaca.

Di sela-sela mengerjakan tugas yang menurut kami cukup njelimet itu, Bu Juwairiyah menawari kami memutar musik. Tentu saja kami senang, karena dengan sambil mendengarkan musik kami jadi santai dan tidak merasa tertekan.

Tiba-tiba saya jadi teringat dengan buku karya M. Mushthafa yang berjudul Sekolah dalam Himpitan Google dan Bimbel. Di sebuah bagian di sana dijelaskan bahwa salah satu cara yang beliau lakukan untuk menyelamatkan otak kanan ialah dengan mengiringi musik setiap kali beliau mengajar.

Beberapa pekan terakhir ini, mulai bermunculan guru-guru SMA 3 Annuqayah yang memutar musik ketika mengajar. Saya tidak tahu pasti dari mana datangnya kesadaran itu. Dan, sungguh, itu membuat teman-teman sekelas menikmati dengan leluasa materi tersebut.

Memang, belajar dengan musik itu menyenangkan.

Tidak ada komentar: