01 Maret 2010

Libur Maulid, MI 3 Annuqayah Adakan Super Camp


Muhammad-Affan, Waka Kesiswaan MI 3 Annuqayah

Madrasah Ibtidaiyah 3 Annuqayah tidak ingin melewatkan moment libur Maulid Nabi sia-sia. Jauh hari setelah mendapat kabar tentang libur Maulid, tim fasilitator MI 3, Fatimatuzzahroh, Siti Mailah, Mega Eka Suciyanti, segera mengadakan rapat koordinasi untuk merancang kegiatan. Akhirnya disepakati untuk mengisi waktu libur, Madrasah Ibtidaiyah 3 Annuqayah akan melaksanakan kegiatan Super Camp 2010.

Setelah rencana tersebut disampaikan kepada pihak sekolah, seperti biasa, kepala MI 3 Annuqayah, H.M.Mahfud Manaf, menyampaikan dukungannya. Bahkan saking semangat, di tengah kesibukannya beliau berjanji akan mengupayakan untuk hadir pada pembukaan dan penutupan acara.

“Saya senang dengan rencana ini. Ini rencana bagus. Segera dianggar semua kebutuhannya. Sekolah akan menanggung biaya selama kegiatan berlangsung. Dan saya usahakan hadir pada pembukaan dan penutupan Super Camp nanti,” katanya, antusias.

Super Camp adalah kegiatan yang muatan materinya mengarah pada pengembangan mental, motivasi, dan belajar yang kesemuanya dikemas dalam bentuk ‘bermain’. Karena desain kegiatannya yang ‘game’, maka proses belajar menjadi tidak melelahkan.

“Mbak, kata teman-teman, gimana kalau Super Camp ditambah jadi lima hari. Terus, peserta nginap di sini,” ungkap Ibad, salah satu peserta Super Camp MI 3 2010. Pada awalnya, kegiatan ini dikhususkan untuk kelas empat, lima, dan kelas enam saja.

“Target utamanya adalah kelas enam. Tapi setelah kami diskusikan lagi dengan tim fasilitator, akhirnya diputuskan untuk melibatkan kelas empat dan lima juga,” kata Iffah Albatul, mantan ketua Perpustakaan Madaris 3 dan Pembina Edelweiss English Club Madaris 3 Annuqayah yang juga terlibat sebagai pemateri pada kegiatan tersebut.

Kegiatan Super Camp MI 3 Annuqayah 2010 dilaksanakan pada tanggal 25-27 Februari, diikuti oleh 20 anak terdiri dari kelas empat, lima, dan enam bertempat di Aula Stareva Sabajarin. Beberapa peserta tidak ikut karena mereka memilih berlibur di rumah. “Kami bisa memaklumi kondisi ini. Mereka mungkin ingin merayakan Maulid di rumah masing-masing. Dan pihak sekolah memang tidak mewajibkan, sekalipun memang sangat menganjurkan,” kata Siti Mailah.

Adapun materi Super Camp antara lain: cerdas cermat, diskusi, mendongeng, acak kata, menggambar, tebak lagu dan drama. “Bedanya, di sini semua kami desain game. Meski jadwalnya agak padat, mereka tetap semangat,” kata Mega Eka Syuciyanti, salah satu fasilitator MI 3 Annuqayah

Kegiatan yang dimulai hari Kamis tersebut ditutup hari Sabtu sore. Pada acara penutupan, Arika dan Icha membacakan puisi ‘Perpisahan’. Suasana menjadi begitu haru dan menyentuh. Semua menangis, tak terkecuali fasilitator. Sebelum pulang, fasilitator mengajak anak-anak untuk berbagi kesan dan pesan. Menjelang senja anak anak pulang dengan senyum penuh kebahagiaan.

Namun setelah acara penutupan selesai, tim fasilitator mengajak anak-anak bergame tebak kata. Anak-anak kembali bersorak sorai senang. anak anak pulang dengan penuh ceria dan senyum harapan mengembang.

Maju terus MI 3 Annuqayah.

Tidak ada komentar: