12 Maret 2010

MI 3 Annuqayah Rayakan Maulid, Penonton Membludak


Muhammad-Affan, Waka Kesiswaan MI 3 Annuqayah

Jumat 12 Maret 2010, Madrasah Ibtidaiyah 3 Annuqayah menyelenggarakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Ini adalah kali kedua MI 3 Annuqayah merakayakan maulid dengan penceramah yang sama: Kiai Luqman, pengasuh MI Nurul Islam Sumber Pinang.

Dalam sambutannya, kepala MI 3 Annuqayah, H.M.Mahfud Manaf, A.Ma, menyampaikan dengan tegas bahwa pelaksanaan Maulid MI 3 Annuqayah sengaja tidak digabung dengan MTs dan SMA dikarenakan beberapa alasan mendasar.

“Jika perayaan maulid MI diisi materi ceramah semisal MTs dan SMA justru menjadi tidak efektif untuk anak-anak. Karena dunia mereka beda, tingkat pencerapannya beda juga,” katanya. “Untuk acara ini, saya pesan secara khusus agar materinya lebih ditekankan kepada motivasi belajar dan akhlak luhur bagi anak-anak,” katanya.

Kepala sekolah juga menyampaikan permohonan maaf atas keterbatasan sambutan dan hidangan. “ Saya mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan. Acara ini sepenuhnya diprakarsai oleh anak-anak, termasuk kepanitiannya. Sekolah hanya menfasilitasi dan memberi dukungan semampunya,” katanya. “Jadi, mohon maaf jika ada yang kurang berkenan,” lanjut Mahfud Manaf merendah.

Acara yang dimulai pukul 08.15 WIB tersebut berlangsung sangat meriah. Pada sesi ‘Cerita Bersama”, Kiai Luqman bercerita tentang keluhuran akhlak Nabi, kemudian memotivasi anak-anak agar meneladani Nabi. Beberapa kali ia tampak mengajak anak-anak bernyanyi bersama. Anak-anak pun semangat.

“Ayo siapa bisa menyanyikan lagu yang tadi Kakak nyanyikan sambil menggerakkan tubuh? Ada hadiahnya lho…” katanya, disambut riuh dan acungan jari anak-anak. Zilvia maju pertama kali kemudian disusul Nely, siswi satu MI. Keduanya langsung dihujani sorak-sorai anak-anak.

Pada sesi penampilan, anak–anak mementaskan tari samman, shalawat, drama, dan musikalisasi puisi. Tampak di luar gedung aula puluhan siswi MTs dan SMA antusias menonton acara. “Peringatan maulid kali ini sangat istimewa. Saya sangat senang,” kata Ibad dan Arika, siswi kelas enam. Acara ditutup dengan pembacaan doa bersama dipimpin oleh Ny. Maryam Mahfudz.

Selesai acara, fasilitator MI 3 Annuqayah, Mega ESY, Siti Mailah, dan Fatimatuzzahrah, melakukan rapat evaluasi dengan panitia yang kesemuanya terdiri dari anak-anak kelas satu sampai kelas enam.

Tidak ada komentar: