10 April 2013

PSG Hadir ke Dungkek


Rohmatin, XII IPA SMA 3 Annuqayah

Guluk-GulukSabtu (30/3), Pemulung Sampah Gaul (PSG) SMA 3 Annuqayah mengisi acara sosialisasi lingkungan dan praktik pembuatan tas dari sampah plastik di SMPN 1 Dungkek, Sumenep. Acara ini diselenggarakan oleh OSIS SMP Negeri 1 Dungkek.

Anggota PSG yang diutus berjumlah empat orang. Dua orang anggota PSG, Anisah dan Rohmatin, satu orang mantan ketua PSG periode 2010/2012, Indah Susanti, dan satu guru pembimbing PSG, Mus'idah Amin, S. Pd.I. 

Rombongan PSG berangkat sekitar pukul 12.10 WIB dari Guluk-Guluk. Dalam perjalanan ada sedikit hambatan yang mengakibatkan rombongan tidak tiba pada tempat yang dituju pada waktu yang telah dijadwalkan. Hambatan itu berupa derasnya hujan yang turun pada siang itu. Rombongan PSG tiba di SMP 1 Dungkek sekitar pukul 15.00 WIB.

Peserta yang mengikuti acara ini terdiri dari siswa putra dan putri yang berjumlah 28 orang. Semua peserta merupakan anggota OSIS yang terdiri dari kelas VII dan VIII. Tidak hanya itu, beberapa pembina OSIS dan pembina pramuka juga ikut berpartisipasi.

Acara dimulai pada pukul 15.20 WIB. Acara pembuka tidak jauh beda dengan acara-acara yang pernah dihadiri oleh anggota PSG, yaitu pembacaan ayat suci al-Qur'an, sambutan, serta ditutup dengan pembacaan doa.

Setelah acara pembuka selesai, acara dilanjutkan dengan sosialisasi lingkungan oleh anggota PSG. Kemudian dilanjutkan dengan game zone untuk menghilangkan kepenatan peserta. Karena game zone berakhir sekitar pukul 17.10 WIB. Akhirnya anggota PSG dan peserta sepakat untuk melanjutkan acara pada malam hari.

Pada malam harinya, sekitar pukul 19.30 WIB, acara dilanjutkan dengan praktik pembuatan tempat pensil dari sampah plastik. Dalam praktik ini semua peserta yang berjumlah 28 orang dibagi menjadi enam kelompok. Tiga kelompok putra dan tiga kelompok putri. Semua peserta sangat bersemangat sekali mengikuti praktik. Setiap kelompok memilih sampah plastik yang bagus dan cocok untuk dijadikan tempat pensil.

Setiap kelompok harus membuat satu tempat pensil. Namun, karena semangat peserta sangat tinggi, peserta tidak hanya membuat satu tempat pensil saja. Ada salah satu kelompok dari putra yang berjumlah sekitar 5 orang membuat tempat pensil satu per satu sehingga membuat jam praktik dan proses penjahitan lama. Acara berakhir sekitar pukul 21.00  WIB dan akan dilanjutkan pada esok harinya. Rombongan PSG bermalam di ruang kepala SMPN 1 Dungkek.

Esok harinya, Ahad (31/3), sebelum acara kajian lingkungan yang akan disampaikan oleh K. M. Mushthafa, S.Fil., M.A. dimulai, praktik pembuatan tempat pensil dilanjutkan. Setelah dianggap cukup dan penyaji kajian lingkungan telah hadir, kegiatan praktik ditutup.

Sebelum pulang, rombongan PSG memberikan kenang-kenangan satu tas kepada SMP Negeri 1 Dungkek yang diserahkan kepada ketua OSIS. Rombongan PSG pulang sekitar pukul 13.45 WIB.

Tidak ada komentar: