27 April 2009

Tim Pupuk Organik Menyiapkan Tempat Percobaan Baru


Anisah, siswi XI IPA SMA 3 Annuqayah, Koordinator Riset Tim Pupuk Organik School Climate Challenge Competition British Council

GULUK-GULUK— Tim Pupuk Organik School Climate Challenge British Council SMA 3 Annuqayah Guluk-Guluk pada hari Sabtu (25/4) kemarin membersihkan lahan kosong yang bertempat di sebelah utara Lab IPA SMA 3 Annuqayah. Lahan tersebut akan dijadikan tempat untuk pembuatan pupuk organik.
Sebenarnya tempat yang kami rencanakan sebelumnya untuk dijadikan tempat percobaan pembuatan pupuk organik bukan di lahan tersebut, tapi di lahan yang memang benar-benar kosong yang bertempat di sebelah barat atau belakang Lab IPA SMA 3 Annuqayah. Namun dengan berbagai pertimbangan tempat percobaan kami pindah, karena memang di utara Lab IPA tersebut menjadi markas Tim School Climate Challenge British Council SMA 3 Annuqayah (tiga tim).
Sekitar pukul 07.30 WIB dengan penuh semangat kami sudah mulai membersihkan lahan tersebut. Sebenarnyan bukan hanya tim kami yang bekerja, tapi kami dibantu oleh tim yang lain yaitu dari Tim Sampah Plastik dan Tim Siwalan, termasuk guru pembimbing dari kedua tim tersebut.
Pertama kali yang kami kerjakan yaitu menebang semak-semak liar yang kelihatannya membuat tidak indah tempat itu. Ada juga yang bekerja merapikan genting, dan ada pula yang mencangkul melubangi tanah untuk tempat percobaan pembuatan pupuk jerami. Sebenarnya lubang itu sudah ada, tapi kami masih melebarkannya karena lubang tersebut sempit sekali. Dan sesudah itu kami masih memindahkan serbuk gergajian yang ada di tempat itu. Kami memindahkannya ke tempat pot tanaman hias yang ada di depan kelas X A dan di depan kelas X B.
Rencananya kami masih akan membuat tutup sederhana di atas lubang tempat percobaan tersebut.
Pekerjaan kami diakhiri jelang tengah hari. Jadilah lokasi utara Lab IPA yang sebelumnya tampak rimbun oleh semak, genting, kayu, dan sebagainya, sekarang menjadi bersih.

Tidak ada komentar: