19 April 2009

Tim Konservasi Gula Merah Lakukan Sosialisasi di SMA 3 Annuqayah

Ummul Karimah, siswi XI IPA SMA 3 Annuqayah, Koordinator Sosialiasi dan Promosi Tim Gula Merah School Climate Challenge Competition British Council

GULUK-GULUK—Tim Konservasi Gula Merah Pohon Siwalan School Climate Challenge Competition British Council melakukan sosialisasi di SMA 3 Annuqayah Sabtu (18/4) kemarin. Sebenarnya seluruh siswa SMA 3 Annuqayah sudah tahu mengenai tim mereka sejak masing-masing kelompok dari lomba proyek School Climate Challenge itu dilaunching. Akan tetapi maksud kegiatan tim kali ini, kata Iir, sapaan akrab Siti Muniratul Himmah, salah satu anggota tim bagian pengembangan produksi, adalah untuk lebih melibatkan siswi dalam butir kegiatan tim proyek.
Dalam sosialisasi ini, tim proyek meminta resep makanan berbahan gula merah kepada seluruh siswa. “Satu resep dari kalian sangat berarti bagi kami, karena itu dapat membantu dalam proyek kami, yakni melestarikan gula merah dan pohon siwalan. Jangan takut rugi, sebab resep menarik dari kalian akan dokumentasikan,” katanya, yang kemudian disambut senyum seluruh siswi yang bersemangat dan bersedia untuk mengumpulkan resep-resep menarik pada keesokan harinya.
Sejak bagian pengembangan produksi melakukan praktik pembuatan jubedhe, Selasa (14/4) lalu, mereka berinisiatif untuk lebih meningkatkan kualitas makanan berbahan gula merah terlebih dahulu. Maka seluruh anggota tim juga sepakat, karena kata mereka, apabila resep makanan dari gula merah semakin banyak dan berkualitas, maka semakin banyak pula orang-orang yang mencari gula merah.
“Dan tentunya pak petani gula merah akan terus merawat pohon siwalannya. Bukankah dengan begitu kita telah membantu memberikan solusi penanganan iklim lokal?” tambah Iir dengan logat bicara menggunakan kalimat tanya retoris.

Tidak ada komentar: