27 Juli 2013

RvM 2013 Dimulai di Madaris III Annuqayah


Pembukaan RvM 2013

Lu'luil Maknun, XII IPS 1 SMA 3 Annuqayah

Setiap tahun, yakni di awal bulan Ramadhan, Madaris 3 Annuqayah memiliki kegiatan rutin yang diberi nama RvM (Ramadhan vil Madaris). Kegiatan ini biasanya dilaksanakan selama kurang lebih 12 hari dengan berbagai macam kegiatan yang telah dipersiapkan oleh panitia. Kegiatan ini hanya diwajibkan bagi siswi-siswi kelas akhir, yakni kelas IX MTs dan XII SMA. Tahun ini, RvM dimulai pada hari Kamis, 2 Ramadan 1434 H yang bertepatan dengan 11 Juli 2013.

Namun meski diwajibkan, ada juga beberapa siswi Madaris 3 Annuqayah yang tidak mengikuti kegiatan tersebut dengan alasan tertentu, dan pihak sekolah bisa menoleransinya. Dalam mengikuti kegiatan RvM ini, peserta dituntut untuk aktif dalam mengikuti seluruh materi dan kegiatan-kegiatan lainnya yang telah dijadwal oleh panitia.

RvM tahun ini tidak jauh berbeda dengan RvM pada tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja ada beberapa hal yang diubah oleh panitia setelah melakukan beberapa kali evaluasi, seperti tempat (asrama) yang strategis bagi peserta RvM, menu berbuka puasa, pembimbing yang akan menyampaikan materi dan juga format acara pada malam penutupan.

Pada RvM tahun ini, asrama peserta RvM berada di kelas paling utara SMA 3 Annuqayah. Sedangkan pusat pembelajarannya, untuk SMA berada di Laboratorium IPA dan untuk MTs ada di ruang kelas XII IPS 2. Namun meskipun demikian, tempat pembelajaran tersebut terkadang juga kondisional, tergantung pembimbing yang akan menyampaikan materi.

Selain itu, untuk menertibkan peserta RvM dalam mengikuti materi, panitia menyediakan absen pribadi bagi peserta setiap kali mengikuti materi. Tentu absen ini berbeda dengan absen yang dipegang oleh pembimbing, karena dalam absen ini peserta harus meminta tanda tangan panitia yang bertugas sebagai penanggung jawab materi ataupun kegiatan-kegiatan lainnya sebagai bukti telah mengikuti materi dan kegiatan-kegiatan tersebut. Sehingga dengan seperti itu peserta RvM akan tergerak untuk aktif.

Pada kegiatan RvM tahun ini terdapat tujuh materi yang secara khusus harus diikuti oleh semua peserta RvM. Tentu saja kegiatan tersebut berbeda antara MTs dan SMA dan dengan pembimbing  yang berbeda-beda pula. Semua kegiatan tersebut telah dijadwal oleh panitia.

Selain mengikuti materi, peserta RvM memiliki kegiatan lain yang wajib dilakukan, yaitu mengkhatamkan Al-Qur’an. Untuk menertibkan khataman Al-Qur’an tersebut dibagi kelompok-kelompok dan dalam kelompok tersebut setiap malamnya wajib mengaji dua juz. Dengan begitu, ketika kegiatan RvM ini berakhir peserta sudah selesai mengkhatamkan Al-Qur’an.

2 komentar:

Indra Parker mengatakan...

semangat dalam penulisan .. good luck



salam alumnus An-Nuqayah Latte

Indra Parker mengatakan...

salam alumnus Annuqayah daerah Latte