04 Juli 2012

Haflah Akhir Dirasah dalam Kesedihan



Masluhatun, XI IPS 1 SMA 3 Annuqayah
Guluk-Guluk—Haflah Akhir Dirasah (HAD) Direktorat Madaris III Annuqayah untuk yang kesekian kalinya kembali diadakan. Acara ini bertempat di halaman SMA 3 Annuqayah dan dilaksanakan pada hari Sabtu (30/06) kemarin.

Acara yang diadakan pada setiap akhir tahun pelajaran ini, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, dilaksanakan setelah penyelenggaraan berbagai macam lomba yang tahun ini berlangsung selama enpat hari dari tanggal 25-28 Juni 2012. Ada 15 jenis lomba yang digelar, antara lain: lomba yel-yel (umum), lomba nasyid (MTs-SMA), lomba menggambar (MI), lomba mengganbar peta (MTs-SMA), lomba membaca cerita ( MI), lomba menghafal Juz ’Amma (umum), dan sebagainya.

Lomba-lomba tersebut merupakan ajang untuk mengasah kemampuan, keterampilan, dan bakat yang dimiliki siswa.

Pada saat lomba pidato 4 bahasa, panitia mengundang seorang da’i cilik dari TK Annuqayah, Ajai, untuk menambah semangat peserta lomba dalam mengikuti lomba ini.

Sebelum acara HAD dimulai, salah satu siswi MTs dan SMA yang sudah khatam hafalan Juz ‘Ammanya mengikuti munaqasah (diuji) di hadapan para hadirin. Baru setelah itu, semua siswi kelas akhir baik MI, MTs, dan SMA bersama kepala sekolah dari masing-masing satuan unit pendidikan memasuki tempat acara akan berlangsung dengan melewati barisan Paskibraka yang dipimpin oleh Zakiyah, siswi kelas X, dan dengan diiringi lantunan shalawat oleh Paramarta (Paduan Suara Madaris III). Paramarta juga membawakan lagu Indonesia Raya, Hymne Madaris 3 Annuqayah, Mars Madaris 3 Annuqayah, Hymne Annuqayah, dan Mars Annuqayah pada acara ini.

Acara HAD baru dimulai pada pukul 09.15 WIB yang dipandu oleh Khatimah sebagai pembawa acara. Pada susunan acara yang kelima, diberikan Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) kepada siswi kelas akhir oleh masing-masing kepala sekolah satuan unit pendidikan, yaitu K. M. Marzuqi mewakili kepala MI 3 Annuqayah, Sakran, A. Md. kepala MTs 3 Annuqayah, dan K. M. Mushthafa, S.Fil., M.A. kepala SMA 3 Annuqayah.

Sambutan atas nama perwakilan satuan unit pendidikan di lingkungan Madaris III Annuqayah disampaikan oleh Sakran, A. Md. Sedangkan pengarahan pesan disampaikan oleh Direktur Madaris III Annuqayah, K. M. Faizi, M.Hum.


Setelah semua rangkaian acara ditutup oleh K.H. Nurul Huda, acara selanjutnya yang paling ditunggu-tunggu siswi adalah pengumuman ranking kelas, pemenang lomba, dan penyerahan rapor. Selain pengumuman tersebut, juga diumumkan siswi berprestasi dalam rumpun agama, IPA, dan IPS untuk tingkat SMA 3 Annuqayah.

Kenang-kenangan juga diberikan kepada siswi teladan yaitu, Fina Qurrata A’yunina (MI), Istianah (MTs), dan Anisah (SMA). Ketiga siswi tersebut telah diumumkan pada malam sebelumnya dalam acara malam puncak Haflatul Imtihan Madrasah Annuqayah (HIMA) Putri di halaman Institut Tinggi Ilmu Keislaman (Instik) Annuqayah putra.

Namun acara tahunan kali ini dirundung oleh kesedihan karena bersamaan dengan wafatnya salah satu pengasuh Pondok Pesantren Annuqayah (PPA) daerah Sabajarin yaitu K.H. Moh. Tsabit Khazin, sehari sebelum acara HAD. Beliau wafat pada hari Jum’at pagi (29/06). K. Faizi dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa sejak bulan Juni 2011 sampai bulan Juni 2012, tercatat 7 kematian di Annuqayah baik dari guru dan dari pengasuh PPA.

Setelah Direktur Madaris 3 Annuqayah menyampaikan pengarahan pesan, beliau memimpin siswi dan undangan untuk membaca surat al-Fatihah yang dikhususkan kepada almarhum K.H. Moh. Tsabit Khazin. Begitu pula yang dilakukan K.H. Nurul Huda sebelum menutup acara HAD dengan doa.

Tidak ada komentar: