20 Juni 2012

Kemah Lingkungan (2) PSG Dibuka dengan Meriah


Ummu Naqiyatin, XI IPA SMA 3 Annuqayah

Guluk-Guluk—Tahun ini SMA 3 Annuqayah dapat melaksanakan Kemah Lingkungan yang kedua, dilaksanakan pada 17-20 Juni 2012. Pada minggu sore sebelum malam pembukaan, peserta telah berdatangan untuk mengikuti Kemah Lingkungan (2) yang bertempat di halaman SMA 3 Annuqayah.

Pada siang sebelum penbukaan Kemah Lingkungan (2) dilaksanakan, panitia mengadakan rapat dengan setiap divisi, untuk memeriksa perkembangan persiapan acara penbukaan Kemah Lingkungan (2). Di akhir rapat panitia melakukan doa bersama untuk kelancaran kegiatan yang berlangsung selama 4 hari ini. Kemudian rapat ditutup dengan membaca surat yasin bersama dan membaca hamdalah.

Pada jam 15.30 WIB, peserta mulai berdatangan dengan membawa barang-barang yang dibutuhkan selama mengikuti kemah. Peserta yang sudah datang diminta untuk masuk ke Laboratorium IPA untuk pembagian kelompok dan penentuan tenda.

Setelah melaksanakan shalat isya’, peserta kemah berkumpul di depan Laboratorium IPA untuk mengikuti acara pembukaan. Pembawa acara pada pembukaan adalah Mus’idah Amin, S.Pd, dan Ummul Karimah. Untuk memeriahkan acara, sebelum dimulai, ada beberapa penampilan dari PSG.

Acara pembukaan ini dihadiri oleh Edi Yulianto dari Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sumenep. Pembukaan juga dihadiri oleh Turmidzi Jaka, seniman asli Madura, yang diundang secara tidak langsung oleh panitia. Turmidzi Jaka diminta untuk memberikan kata-kata motivasi kepada peserta dan membacakan sebuah syair.

Pada pembukaan ini, Paduan Suara Madaris III Annuqayah (Paramarta) menyanyikan 4 buah lagu. Setelah semua acara selesai, sampailah pada acara inti yaitu ceramah lingkungan yang disampaikan oleh K.M. Mushthafa, S. Fil, M. A. Pemaparannya berjudul  “Mengukur dampak kehadiran manusia terhadap lingkungan”.

Acara pembukaan selesai sekitar jam 22.00 WIB. Semua undangan pulang sedangkan peserta dan panitia kemah bersiap untuk istirahat.

Sangat disayangkan kegiatan Kemah Lingkungan (2) tahun ini tidak dihadiri oleh mitra SMA 3 Annuqayah. Padahal persiapan Kemah Lingkungan (2) kali ini lebih matang dan lebih meriah dari pada tahun sebelumnya.

Tidak ada komentar: