21 Juni 2012

Semua Terkait Sampah

Ummu Naqiyatin, XI IPA SMA 3 Annuqayah

Guluk-Guluk—Pada hari kedua Kemah Lingkungan (2) PSG SMA 3 Annuqayah, kegiatan pagi peserta setelah shalat subuh sekitar jam 05.00 WIB melakukan senam sehat dan go clean di sekitar halaman Madaris 3 Annuqayah.

Pada pukul 08.30 wib peserta mengikuti materi tentang “jejak ekologi” oleh K.M. Mushthafa, S. Fil, M. A. sebagai bekal untuk melakukan riset ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Batuan, Sumenep.

Materi kedua disampaikan oleh H. Dauri, S.Ag. yang membahas tentang “analisis sosial” (Ansos). Materi yang disampaikan berisi tentang pengertian ansos, cara-cara untuk melakukan ansos yang terdiri dari 7 langkah, dan hal-hal penting yang terkait dengan gejala sosial yaitu kesadaran, perilaku, dan situasi.

Pada materi ansos, peserta melakukan diskusi kelompok tentang suatu masalah sebagai praktik dan pendalaman.

Setelah materi kedua selesai, semua peserta segera meninggalkan tempat acara, yakni laboratorium IPA dan istirahat ke tenda masing-masing.


Sekitar jam 14.30 WIB, dilakukan pendalaman materi yang dipimpin oleh panitia. Untuk mengurangi kebosanan peserta kemah, panitia memberi motivasi dan semangat. Pendalaman materi pada pagi sebelumnya dari setiap kelompok disampaikan dengan metode yang bermacam-macam dan mengasyikkan.

Banyak kejadian lucu yang terjadi yang disebabkan oleh berbagai hal dan di antaranya ketidaksiapan peserta untuk menyampaikan materi, catatan peserta kurang, dan sebagainya.

Pendalaman materi diakhiri dengan penampilan dari panitia yang dilakukan dengan spontan dan jenaka namun berbobot.

Malamnya diisi dengan nonton bareng film dokumenter tentang sampah dan pemulung sampah. Sebelumnya panitia menampilkan sebuah lakon tentang anak-anak PSG saat sedang berbelanja di Toko Yayasan Annuqayah.

Saat kemah, sempat ada beberapa peserta yang sakit, tidak betah, dan sebagainya, sehingga membuat peserta yang lain dan panitia sempat kebingungan.

Tidak ada komentar: