23 Juni 2012

Malam Penutupan Kemah Lingkungan (2) Penuh Lakon



Masluhatun, XI IPS 1 SMA 3 Annuqayah

Guluk-Guluk—Rabu (20/06) adalah hari terakhir Kemah Lingkungan (2). Peserta dan panitia di acara penutupan menampilkan drama, samman dan teater.

Jam 08.15 WIB materi pertama sekaligus materi terakhir bertemaNilai-nilai Islam dan konservasi lingkungan” yang disampaikan oleh K.H. A. Hanif Hasan selama kurang lebih 2 jam.

Setelah materi selesai, acara dilanjutkan dengan pendalaman materi dan presentasi tentang apa yang sudah diminta oleh panitia, yakni hasil observasi ke TPA Batuan.

Setelah beristirahat, peserta kembali ke Laboratorium IPA. Dalam kegiatan “refleksi dan tindak lanjut”, semua peserta diminta untuk membuat apa tujuan dan apa tindak lanjut peserta setelah pulang dari kegiatan kemah yang telah diikuti. Peserta juga diminta menyampaikan pesan, kesan, kritik, dan masukan. Setelah selesai, waktu yang tersisa digunakan panitia dan peserta untuk latihan pada pementasan saat penutupan kemah.

Malam penutupan diawali dengan pembacaan ayat suci al-Quran. Kemudian perwakilan dari panitia dan peserta Kemah Lingkungan (2) menyampaikan pesan dan kesan selama mengikuti kegiatan ini. Setelah itu satu persatu dari setiap tenda menampilkan sebuah lakon dengan tema lingkungan.

Penampilan dibuka dengan samman dari Sanggar Tikar SMA 3 Annuqayah. Kemudian dilanjutkan dengan lakon-lakon dari setiap tenda. Di sela-sela penampilan tersebut, Turmidzi Jaka yang hadir pada acara penutupan kemah membacakan puisi dan syair lagi. Dan semua penampilan tersebut diakhiri dengan teater dari Sanggar Tikar.

Kegiatan terakhir adalah nonton bareng film Burning Season yang merupakan acara penutup pada malam itu.

Tidak ada komentar: