31 Mei 2013

Forum Siswa Colokan Sarana Penyambung Tali Silaturrahim

Lu’luil Maknun, XI IPS 1 SMA 3 Annuqayah

SMA 3 Annuqayah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang ada di  Annuqayah yang selalu memunculkan ide-ide baru untuk keaktifan anak didiknya. Pada tahun ajaran 2012/2013, SMA 3 Annuqayah memiliki kegiatan di luar ka, sekolah yang diberi nama Forum Siswa Kalong (FSK).

Sesuai namanya, forum ini hanya diperuntukkan bagi murid-murid SMA 3 Annuqayah yang tidak mondok. Acara ini merupakan acara rutin yang dilakukan setiap setengah bulan sekali di rumah masing-masing siswa. Waktunya setiap Kamis siang. Meskipun demikian, karena alasan tertentu, terkadang siswa yang mendapat giliran mengadakan acara tersebut di selain hari Kamis.

Sebagaimana acara-acara pada umumnya, Forum Siswi Kalong (FSK) ini juga ada susunan acaranya setiap kali acara. Selain membaca surah Yaasin bersama, siswi juga membaca shalawat dan mendengarkan tausiah. Penceramah yang menyampaikan tausiah biasanya merupakan ustadz ataupun ustadzah yang ada di SMA 3 Annuqayah. Namun terkadang penceramahnya juga diundang dari luar SMA 3 Annuqayah.

Sebagaimana yang sering disampaikan Kepala SMA 3 Annuqayah, M. Mushthafa, S. Fil., M.A., dalam sambutannya, bahwa tujuan diadakannya kegiatan rutin Forum Siswi Kalong (FSK) ini ialah untuk mengikat tali silaturrahim antar siswi, guru, dan orang tua siswi. Selain karena alasan tersebut, Kepala SMA 3 Annuqayah juga menambahkan bahwa kegiatan itu bisa menjadi suatu aktivitas rutin yang bisa dilakukan siswi colokan, mengingat keterbatasan waktu dan tempat bagi siswi colokan untuk terus aktif di kegiatan sekolah lainnya.

Forum Siswi Kalong ini juga bisa disebut sebagai aktivitas belajar di luar sekolah—tepatnya di ruang kelas—karena di kegiatan ini siswi bisa memperoleh ilmu atau pelajaran yang tidak mereka dapatkan ketika belajar di ruang kelas, yaitu berupa pendidikan moral dan juga pengalaman untuk mengasah jiwa sosial siswi melalui silaturrahim kerumah masing-masing teman.

Dalam mengikuti acara ini, biaya ditanggung oleh pihak sekolah, termasuk transportasi, honor penceramah, dan makanan ringan (snack). Dari hal ini jelas sekali bahwa SMA 3 Annuqayah sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang sekiranya bisa mengembangkan aktivitas anak didik mereka.

Di luar perkiraan pihak sekolah, ternyata masing-masing siswi yang menjadi tuan rumah acara tersebut seringkali mengeluarkan biaya tersendiri untuk konsumsi (makan) selain biaya yang ditanggung oleh pihak sekolah.

Sampai akhir tahun pelajaran 2012/2013 ini, kegiatan Forum Siswi Kalong terlaksana sebanyak 18 kali.

Tulisan terkait:


Tidak ada komentar: