15 Juli 2011

Penyerahan Rapor di Madaris 3 Annuqayah


Masluhatun, XI IPS SMA 3 Annuqayah

Guluk-Guluk—Lima hari menjelang penyerahan rapor siswa di Madaris 3 Annuqayah, Selasa pagi (28/06) panitia Haflah Akhir Dirasah Madaris 3 Annuqayah mengadakan acara pembukaan yang dibuka oleh Naufan Hammam, S.Pd.I. Setelah itu, dimulailah kegiatan lomba. Banyak siswa yang datang tapi ada juga yang tidak hadir.

Selama 4 hari telah banyak lomba yang dilaksanakan, di antaranya adalah lomba Sang Juara, menghafal juz amma, memasak, lari rukun iman, pidato 4 bahasa, baca cerita, komik 4 babak, lacak peta, miss muslim, menyusun kata menjadi kalimat, menggambar, mewarnai, shalawat diba'i, tartil, dan sudoku. Semuanya dilombakan sesuai dengan tingkatannya. Lomba berakhir pada Jum'at sore dengan lomba sudoku.

Di saat lomba sedang berlangsung, ada sekelompok siswa yang selalu berkumpul pada pagi dan sore hari. Mereka adalah pasukan pembawa bendera yang akan mengiringi kedatangan siswa kelas akhir pada hari penyerahan rapor yang berlatih sejak selesainya ujian semester genap di SMA 3 Annuqayah.

H-1 panitia telah sibuk di halaman MTs 3 Annuqayah dengan tatanan panggung, letak kursi-kursi dan terop yang akan menjadi tempat berlangsungnya acara. Sedangkan siswa yang datang walaupun hanya sedikit ikut membantu membersihkan halaman.

Hari Ahad (03/07), semua siswa Madaris 3 Annuqayah yang hadir berkumpul di tempat yang telah disediakan. Demikian juga para guru dan undangan wali siswa kelas akhir MI, MTs, dan SMA.

Acara penyerahan rapor dimulai sekitar pukul 09.10 WIB dengan MC Mus'idah Amin, S.Pd.I. Sama seperti dua tahun sebelumnya, para siswa kelas akhir memasuki tempat acara diiringi oleh pasukan pembawa bendera dan Paduan Suara Madaris 3 beserta kepala sekolah dari satuan pendidikan masing-masing. Ijazah diberikan langsung oleh kepala sekolah kepada siswa-siswanya yang telah lulus. Tetapi karena kepala sekolah tingkat MI belum hadir saat acara akan dimulai maka diwakili oleh K. Ach. Khalish Muhammad. Acara berakhir sekitar pukul 11.00 WIB yang ditutup oleh K. H. Waqid Yusuf.

Setelah itu dilanjutkan dengan pengumuman ranking kelas. Inilah acara yang di tunggu-tunggu siswa. Pengumuman dimulai dari tingkat MI, MTs, dan terakhir SMA. Kepala SMA 3 Annuqayah juga memberikan kenang-kenangan khusus kepada siswa-siswa tauladan yaitu Fina Qurratu A’yunina (kelas IV MI), Istiana Alifia (kelas IX MTs), dan Ummu Naqiyatin (kelas X SMA) yang sebenarnya sudah diumumkan pada malam puncak sebelumnya di Haflatul Imtihan Madrasah Annuqayah pusat.

Setelah pengumuman ranking kelas selesai, acara dilanjutkan dengan pengumuman juara lomba sesuai dengan tingkatannya. Yang terakhir adalah pembagian rapor siswa oleh wali kelas masing-masing.

Dengan selesainya pembagian rapor ini berarti berakhir pula masa sekolah di kelas sebelumnya dan para siswa akan memasuki kelas baru di tahun ajaran baru pula.

1 komentar:

Siti Nujaimatur mengatakan...

Duh... Nga'ngengaen ka taon lalu. Sayang Haflah Akhir Dirosah tahun ini saya tidak bisa datang.