21 Juli 2011

Hari Ketiga Mosba 2011

Masluhatun, XI IPS SMA 3 Annuqayah

Guluk-Guluk—Hari ketiga Mosba, Rabu 20/07, acara dimulai sejak pukul 07.00 WIB pagi, diawali dengan razia dan mengecek kelengkapan asesoris, alat tulis dan kerapian peserta. Semua peserta berkumpul di depan aula Madaris 3 Annuqayah, baru setelah itu peserta diperbolehkan masuk ke ruangan.

Walaupun pada jadwal telah tercantum bahwa acara dimulai tepat pada pukul 07.00 WIB dan Mosba telah memasuki hari ketiga, masih saja ada peserta yang datang terlambat dan tidak memakai asesoris lengkap, sehingga mereka mendapat sanksi atau teguran dari panitia.

Pagi itu beberapa kelompok menampilkan yel-yelnya. Dan ternyata masih ada yang tidak hafal dengan yel-yel dari kelompoknya.

Setelah semua peserta masuk ke dalam aula, kegiatan pertama pagi itu dimulai, yaitu review materi yang dimulai sejak pukul 07.30 WIB. Selain kelompok odong-odong, setiap peserta dari kelompok lain membuat bagan sejarah Annuqayah, merangkum materi analisa diri, merajut mimpi meraih prestasi.

Kelompok odong-odong tidak membuat review sehingga mereka diminta menjadi fasilitator pada permainan cerdas cermat yang diminta oleh panitia. Sedangkan sembilan kelompok yang lain dibagi menjadi tiga kelompok.

Materi pertama pada hari itu adalah Metode Belajar Efektif, disampaikan oleh Mus’idah Amien, S.Pd.I.

Materi selanjutnya mengenalkan berbagai keorganisasian yang ada di Madaris 3 Annuqayah yang disampaikan oleh perwakilan dari setiap unit kegiatan yang ada, seperti Expressive Computer (EC), Madrasah Resource Center (MRC), Green House, Mading Raksasa (MaRak), Perpustakaan, Astronomi Madaris Club (AMC), Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), OSIS MTs dan SMA, Pemulung Sampah Gaul (PSG), dan Sanggar Tikar.

Peserta diberi waktu 1 jam untuk shalat, makan dan istirahat. Tepat pukul 12.30 WIB peserta harus sudah berkumpul bagi yang datang terlambat mendapat sanksi dari panitia. Tentunya setiap sanksi yang diberikan oleh panitia bukanlah sanksi yang dapat melukai fisik. Hanya dengan ucapan untuk menguji mental, itu pun tidak terlalu kasar dan sanksinya seperti bershalawat, berpidato, bernyanyi dan sebagainya untuk menghibur peserta yang lain.

Materi ketiga hari itu berjudul Disiplin is The Key Of Success oleh Subaidi Mukhtar, S.Pd., dimulai pukul 13.00 WIB. Menurut beliau, untuk mencapai sukses ada 4 aspek umum, yaitu kerja keras, rencana, teliti, dan proses keberuntungan. “Kenapa negeri ini tidak sukses-sukses? Karena mereka (seperti anggota dewan) tidak mencontohkan kesuksesan,” kata beliau.

Sedangkan menurut Mario Teguh ada 3 aspek untuk mencapai sukses, yakni disiplin, obyektif, dan obsesif.

Acara terus berlangsung sampai yang terakhir, lanjutan Sanggar Tikar. Sore itu setiap kelompok berkumpul di depan laboratorium IPA untuk menampilkan sebuah cerita yang mereka buat. Ada yang berteater, drama, komedi, dan dongeng. Masing-masing kelompok diberi waktu 7 menit.

Satu hari lagi, hari berakhir di Madaris 3 pada acara MOSBA dan setiap siswa diharuskan membuat resum materi metode belajar efektif dan disiplin is the key of success. Juga 10 masukan untuk keorganisasian yang ada di Madaris 3 Annuqayah.

Tidak ada komentar: