20 Juli 2011

Hari Kedua Mosba 2011

Ruka’iya, Kelas XII IPA SMA 3 Annuqayah

Guluk-Guluk—Hari Selasa tanggal 19 Juli merupakan hari kedua diselenggerakannya Mosba Aliansi MTs 3 dan SMA 3 Annuqayah tahun 2011. Jadwal kegiatan pada pagi itu ialah upacara pembukaan Mosba.

Sebelum upacara dimulai, para peserta disibukkan dengan asesoris yang harus dipakai. Di antaranya ada beberapa peserta yang membetulkan topi kerucut dengan kombinasi balon yang diletakkan di atas topinya dan di tengah topi ada nama peserta serta nomor urut kelompoknya. Selain itu juga ada yang membetulkan kalungnya yang terbuat dari permen dan di tengahnya ada telur sebagai hiasan.

Waktu telah menunjukkan pukul 07.00 WIB. Seluruh peserta dikumpulkan terlebih dahulu sebelum upacara pembukaan yang dilaksanakan di halaman SMA 3. Pada saat itu peserta diatur terlebih dahulu oleh panitia untuk menertibkan suasana dengan berkumpul sesama kelompoknya.

Setelah itu semua peserta menuju ke lapangan untuk melaksanakan upacara pembukaan Mosba. Susunan upacaranya tidak beda jauh dengan susunan upacara bendera seperti yang dilaksanakan oleh siswa setiap hari Senin.

Perbedaannya hanya terletak pada susunan alurnya yang lebih dipersingkat. Alur dalam upacara pembukaan yang telah disusun oleh panitia. Seperti halnya dalam upacara itu, ada sambutan, prakata panitia dan pembina upacara yakni disampaikan oleh Kepala SMA 3 Annuqayah.

Ketika sambutan beliau lebih mengarah kepada tujuan dilaksanakannya Mosba . Hal ini disampaikan agar peserta memahami betul makna sesungguhnya dilaksanakannya Mosba. Selain itu juga agar peserta tidak main-main dan bersungguh-sungguh dengan jadwal kegiatan yang telah ditentukan oleh panitia.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan penyematan asesoris peserta Mosba yang diambil dari perwakilan siswa MTs dan SMA 3 oleh masing-masing kepala sekolah. Selanjutnya pembacaan doa yang dipimpin oleh kepala sekolah dari MTs 3 Annuqayah. Upacara selesai tepat pukul 08.00 WIB.

Pada pukul 08.00 WIB kegiatan selanjutnya materi tentang sejarah Annuqayah. Kali ini penyajinya adalah K. M Faizi, S.Ag., M. Hum. Beliau menjelaskan panjang lebar tentang asal muasal sejarah Annuqayah dari pertama kali annuqayah didirikan. Namun ceritanya hanya dipersingkat saja, dikarenakan waktunya tidak memungkinkan jika diurai semuanya.

Dalam pemaparannya, beliau menceritakan tentang silsilah keluarga Annuqayah. Pendiri Annuqayah ialah Kiai Syarqawi. Sejak tahun 1933, Annuqayah mengenal sistem pendidikan dengan model kelas yang hingga saat ini tetap berlangsung.

Materi selanjutnya tentang analisa diri yang dipaparkan oleh Ny. Isty Rozana, S. Psi. Materi ini ditujukan agar siswa bisa menemukan jati diri mereka. Penyaji di antaranya menjelaskan macam-macam bentuk kepribadian. Dengan begitu peserta diharapkan dapat mengetahui dan mengenali, termasuk manakah kepribadiannya ? Di samping itu juga ada penjelasan mengenai potensi diri, bakat dan minat serta refleksi diri, yang telah dipaparkan sedetail mungkin.

Dalam pelaksanaan Mosba setiap harinya selalu ada waktu luang untuk istirahat,makan dan shalat. Setelah itu peserta kembali lagi mengikuti kegiatan Mosba. Pada pukul 13.00-14.00 WIB, materi dilanjutkan dengan tema “Merajut Mimpi Meraih Prestasi “ bersama K. M. Musthafa, S.Fil., M.A.

Pemaparan beliau sangat singkat sekali tapi jelas disimak dalam merajut mimpi, meraih prestasi. Beliau menyampaikan bahwa seseorang yang mempunyai mimpi itu sangat bagus karena mimpi-mimpi itu nantinya akan mendorong kita sekaligus juga akan bisa memberikan arahan.

Acara selanjutnya “Sanggar Tikar” yang dijadikan salah satu materi pada jadwal kegiatan Mosba. Hal ini ditujukan untuk mengetahui bakat dan potensi peserta. Dengan seperti itu, siapa tahu ada peserta yang minat bergabung bersama Sanggar Tikar.

Sanggar Tikar merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler SMA 3 yang termasuk program OSIS dan ditangani oleh OSIS divisi kesenian. Acara ini dilaksanakan di halaman Lab, agar peserta tidak bosan karena harus mengikuti jadwal kegiatan yang bertempat di dalam Aula.

Acara ini dipimpin oleh Indah Susanti Ketua Sanggar Tikar sekaligus panitia Mosba. Akan tetapi Indah tidak sendirian karena dibantu juga oleh panitia lainnya. Materinya hanya ada permainan saja dan pertunjukan. Sebelumnya menjelaskan terlebih dahulu tentang Sanggar Tikar.

Acara ini berjalan dengan lancar dan lebih baik dari hari sebelumnya dan berakhir pada pukul 16.00 WIB.

Tidak ada komentar: