24 Desember 2012

Menanam, Aktivitas PSG yang Tak Terlupakan

Anisah, XII IPA SMA 3 Annuqayah

Guluk-Guluk—Kembali lagi pada aktivitas Pemulung Sampah Gaul (PSG) SMA 3 Annuqayah menanam bibit pangan lokal dilaksanakan. Yakni pada tanggal 7-8 Desember 2012. Tahun sebelumnya penanaman bibit dilaksanakan di lahan sebelah barat Laboratorium IPA SMA 3 Annuqayah. Pada tahun ini, penanaman bibit dilakukan di lahan yang berada di belakang kelas XA SMA 3 Annuqayah.

Penanaman bibit berlangsung selama 2 hari. Pada hari pertama penanaman bibit ditemani mendung. Berbeda dengan dengan hari kedua yang disinari terik matahari yang menyengat hingga ke ubun-ubun. Tapi hal ini tidak membuat tim PSG surut, dan penanaman akhirnya selesai.

Tahun ini, PSG memiliki program agar semua siswa kalong harus membawa bibit-bibit pangan lokal. Namun hanya beberapa siswi yang membawa karena langkanya bibit-bibit pangan lokal yang ada di sekitar rumah tinggal siswa. Untungnya, Musidah Amien (salah satu guru pendamping PSG) berhasil mendapatkan bibit ketela rambat di Desa Montornah, Pasongsongan. Untuk mengambil bibit tersebut, tim  harus menempuh jarak yang cukup jauh dan jalanan yang penuh lika-liku.

Seragam sekolah tak menjadi penghalang bagi pengurus PSG untuk tetap mencari, menanam, serta merawat bahkan mampu bersaing dengan para petani yang ulung dalam menanam.

Pengurus PSG banyak belajar tentang cara penanaman bibit dan masa panennya pada petani, termasuk cara menanam bibit ketela rambat yang cukup menancapkan batangnya pada tanah, berbeda dengan cara menanam talas dan ketela pohon yang membutuhkan tenaga ekstra dan harus memotong batang sekitar 25 cm dengan ujung batang pohon tidak boleh terbalik atas bawahnya sehingga tidak gagal panen.

Beberapa bibit yang ditanam di antaranya: ketela rambat, ketela pohon, talas dan tanaman sayuran seperti kacang panjang, langker dan lain sebagainya. Perawatan tanaman tersebut menjadi tanggung jawab tim PSG yang dilakukan di sela-sela kesibukan belajar.

1 komentar:

Siti Nujaimatur mengatakan...

Teringat dengan lagu Lingkungan yang sering dinyanyikan bersam tim paduan suara dulu.
"Menanam pohon dan memelihara, hijau rimbun alam semesta."

:)