28 Januari 2011

Sanggar Tikar SMA 3 Annuqayah Menyeleksi Anggota Baru

Siti Nur Aini, siswa XII IPS SMA 3 Annuqayah

Guluk-Guluk—OSIS SMA 3 Annuqayah Divisi Kesenian kembali melakukan seleksi anggota baru Sanggar Tikar pada hari Jumat (14/01) yang lalu. Penyeleksian anggota baru sanggar tersebut dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 10.00 WIB.

Ada dua belas orang peserta yang mengikuti seleksi. Para peserta yang berjumlah 12 orang itu diuji oleh Ummul Karimah, pembimbing Sanggar Tikar dan Istifadatul Qamariyah, salah satu senior sanggar.

Untuk proses seleksi, peserta diberi kesempatan untuk menampilkan bakat seni mereka masing-masing. Proses seleksi juga dilakukan dengan memberikan beberapa macam pertanyaan kepada para peserta.

Dengan beberapa pertimbangan, juri akhirnya memutuskan ada sembilan orang yang lolos seleksi. “Yang lolos, tentunya mereka yang mempunyai bakat dan semangat,” terang Istifadah.

Sekadar catatan, sanggar ini diberi nama Sanggar Tikar bukan tanpa alasan melainkan karena tikar itu bersatu untuk memberikan manfaat kepada orang lain. Selain itu, meskipun tikar itu ada di bawah tapi tetap memberikan manfaat bagi manusia, seperti manusia bisa bebas telentang di atas tikar.

Salah satu anggota yang terbilang angkatan pertama, Ummamah namanya, mengungkapkan bahwa dulu nama ini diambil atas dasar kesepakatan bersama dan ide dari anggota. Ia juga memaparkan bahwa nilai kekompakan benar-benar dapat dilihat pada tikar yang teranyam sangat erat.

Sanggar tersebut sekarang beranggotakan 25 orang. Bagi siswa SMA 3 Annuqayah, sanggar tersebut sangat membantu sekali dalam mewudkan bakat siswa yang terpendam dan bisa menumbuhkan pendidikan karakter dalam diri siswa.

Indah Susanti, pengurus OSIS divisi Kesenian yang bertanggung jawab atas Sanggar Tikar, mengatakan bahwa sanggar ini bertujuan untuk melatih dan mengasah kemampuan siswa dalam bidang seni dan juga sebagai sarana untuk mewujudkan potensi yang dimiliki oleh siswa SMA 3 Annuqayah. “Namun bakat tanpa dilandasi dengan minat itu sama halnya bolong, tidak ada gunanya juga,” pungkasnya.

1 komentar:

Siti Nujaimatur mengatakan...

Sukses untuk adik-adikku. Tetap semangat! Go Sanggar Tikar!!!