27 November 2008

Kelas SMA 3 Dicat Warna-Warni

Ummul Karimah (XI IPA)

GULUK-GULUK—Ruangan kelas SMA 3 Annuqayah direnovasi dengan dicat berwarna-warni sesuai dengan kesepakatan kelas masing-masing (10/11). Ide pengecatan tersebut tak lain untuk menumbuhkan suasana baru dalam kelas sehingga mampu menumbuhkan minat belajar siswa dan pembelajaran di kelas diharapkan akan semakan efektif. “Ya. Biar siswa semakin rajin sekolah dan tidak bosan dengan warna yang tetap putih saja,” begitulah komentar Bapak H. Moh. Ya’kub, S.E. Kepala SMA 3 Annuqayah.
Yang menarik dari pengecatan ini adalah karena warna yang dipilih sesuai selera siswa. Bapak H. Moh. Ya’kub memang sengaja membiarkan siswa berkreasi secara bebas. Di antaranya dengan memilih warna sendiri. Pemilihan warna sendiri tentunya memiliki arti tersendiri, “Agar siswa tidak merasa didikte oleh guru dan mereka bisa sadar bahwa mereka memiliki kebebasan untuk berekspresi,” tambahnya.
Pengecatan 4 kelas yang mampu diselesaikan oleh 3 tukang dalam jangka 4 hari itu terhitung cukup singkat. Warna yang dipilih hanya dicatkan di tembok sekitar papan, sedangkan tembok yang lain yaitu sama, berwarna kuning gading. Kelas XA berwarna biru, XB berwarna merah genting, XI IPS berwarna oren manis, XII IPS berwarna hijau.
Adapun kelas XI IPA dan XII IPA memang tidak dicat ulang, karena memang berada dalam komplek deretan bangunan yang terpisah. Siswa kelas tersebut cukup memahami keputusan ini, karena memang sudah dikomunikasikan oleh pihak sekolah.

Tidak ada komentar: