13 November 2008

SMA 3 Kembali Aktif

Fatimatus Zahrah (XI IPS)

Berbagai kegiatan di SMA 3 Annuqayah yang berada di komplek Sabajarin putri kembali diaktifkan. Para guru dan pengurus OSIS kini disibukkan oleh berbagai aktivitas. Demikian juga dengan para siswi.
Semua pengurus OSIS bekerja dengan penuh semangat, ditambah dukungan dari semua guru yang memberi bimbingan dan dorongan untuk memajukan SMA 3 Annuqayah. Demikian pula, pembina OSIS ikut meluangkan ide dan tenaganya untuk membantu pengurus OSIS.
Ketua OSIS mengaktifkan semua kegiatan yang dibantu oleh semua pengurus OSIS lainnya agar kegiatan sekolah berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan. Menurut ketentuan OSIS, para siswi di SMA 3 harus mengikuti program kegiatan ekstra di sekolah minimal dua kegiatan dan maksimal tidak terbatas. Sebagaimana penuturan Ketua OSIS, Ummul Karimah, saat ditemui di kelas XI IPA, “Jadi, tidak boleh tidak mereka harus mengikuti kegiatan sekolah minimal dua kegiatan, dan bagi yang melanggar akan ada sanksi di akhir tahun. Tapi rata-rata para siswi mengikuti program OSIS bukan karena terpaksa. Alhamdulillah semua program OSIS saat ini sudah berjalan,” tuturnya dengan penuh semangat.
Pengurus OSIS bagian keamanan menjalankan tugasnya dengan membantu menjaga ketertiban sekolah agar para siswi disiplin waktu. Jam 07.00 WIB, saat bel berbunyi, para siswi harus berada dalam kelas untuk membaca doa bersama. Jika masuk terlambat atau seragam sekolah tidak lengkap, maka harus memberi tahu dan minta izin terlebih dahulu pada posko karena di sekolah sudah disediakan posko. Jika ada siswi yang terlambat atau tidak masuk kelas, maka akan dicatat oleh posko dan bagian keamanan akan mengontrol di tiap-tiap kelas.
Pengurus OSIS bagian pendidikan mengaktifkan semua program kegiatan ekstra kurikuler seperti khitobah yang diadakan setiap setengah bulan sekali, FODIS (forum diskusi) yang diadakan setiap pekan, pengajian kitab klasik, kursus bahasa arab, PMR, kursus keputrian, dan sebagainya.
Peserta kegiatan keputrian saat ini sudah berjumlah tujuh puluh lima orang, sehingga kegiatannya harus bertempat di aula. Ketua OSIS menuturkan bahwa baik peserta kegiatan maupun pembina OSIS sama-sama aktif. Kegiatan keputrian dilaksanakan setiap hari selasa dan berisi tiga materi, minggu pertama tentang kesehatan reproduksi perempuan, minggu kedua keterampilan tangan, seperti payet pita, menyulam dan memanik. Minggu ketiga tata boga, yang berisi pengetahuan tentang bahan-bahan masakan dapur dan kesehatan pada umumnya.
Pengurus OSIS bagian pubdekdok mengkoordinasikan kegiatan seperti mading kelas yang diperbaharui tiap minggu sekali, mengurus dekorasi, dan lain sebagainya.
Pengurus OSIS bagian kebersihan dan kesehatan mendorong terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat di sekolah. Mereka berpikir bagaimana agar para siswi menjaga lingkungan sekolah dengan cara membersihkan kelas masing-masing dan tiap-tiap kelas harus mempunyai jadwal piket; setiap hari masing-masing kelas dibersihkan dan akan dikontrol oleh kebersihan, dan akan dilombakan tiap setengah bulan sekali dan akan diumumkan pada acara khitobah; dan tiap satu bulan sekali akan ada kerja bakti massal. Karena sekarang sedang musim penyakit, pengurus OSIS bagian kebersihan dan kesehatan harus bekerja ekstra dalam mengingatkan semua siswa untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
Berbagai aktivitas di SMA 3 ini pada umumnya bertujuan untuk mengasah kemampuan siswi agar bisa berkreasi dan berkarya, mengembangkan kemampuan dan potensi, serta membentuk pribadi siswi yang disiplin, tangguh, dan bertanggung jawab.

Tidak ada komentar: