16 Mei 2007

Tanamkan Kesadaran

Kebersihan adalah sesuatu yang tidak bisa kita tinggalkan, apalagi sampai tidak memperdulikannya. Kata kebersihan adalah sesuatu yang umum, tidak hanya diidentikkan dengan kebersihan lingkungan, tapi juga kebersihan pakaian, badan, tempat tinggal, air dan lain-lain. Kebersihan sangat penting untuk kita dan kehidupan kita. Jika lingkungan bersih, maka akan menghasilkan individu-individu yang bersih pula. Tapi sebaliknya, jika lingkungan kotor, badan atau jasmanipun ikut kotor dan lingkungan kita nggak akan sehat.
Di daerah pesantren lingkungannya boleh dibilang sudah cukup bersih, walaupun pada kenyataannya masih ada sampah yang berkeliaran di sana sini.. Berbagai upaya sudah dilakukan, salah satunya termasuk peraturan-peraturan yang ditetapkan di pondok-pondok ataupun sekolah-sekolah di berbagai kompleks di daerah Annuqayah, yang membentuk suatu organisasi kepengurusan yang didalamnya juga termasuk pengurus kebersihan. Dimana pengurus kebersihan tersebut harus membuat peraturan-peraturan kebersihan untuk para santri. Membicarakan siapa yang bertanggung jawab dalam lingkungan kita, maka, jawaban simpel namun utama adalah kita sendiri. Entah itu pejabat, petani, guru dan semua manusia yang hinggap di bumi ini, sangat bertanggung jawab terhadap lingkungan. Apakah kita nggak pernah merasa malu terhadap karunia yang telah dititipkan Allah SWT pada kita sebagai Kholifah di muka bumi ini. Allah telah memberikan kepercayaan kepada kita untuk mengolah dan melestarikan, bukan malah merusaknya.
Disekolah, tokoh yang berperan dalam hal ini bukan hanya seorang kepala sekolah saja ataupun pengurus osis saja, akan tetapi para siswa dan siswi sebagai penghuni rumah(sekolah) juga sangat bertanggung jawab.
Kita sudah tau bahwa salah satu dari penyebab banjir dan wabah penyakit salah satunya adalah akibat tumpukan sampah tersebut. Bisa dipastikan penyebab dari para santri sakit karena pengaruh lingkungan yang kotor, dan air yang dikonsumsi sehari-hari tidak terjamin kesehatannya(air mentah). Namun inilah budaya kita, tetap nggak mau berusaha untuk merubah dan mencegah. Maka dari itu marilah tanamkan kesadaran diri mulai sekarang dan buatlah komitmen “generasi alam berwawasan lingkungan” yang selalu siap menjaga lingkungan kita yang begitu kaya. Serta kembangkanlah kemampuan yang kita miliki yakni manusia yang masih memiliki sifat keprihatinan dan keprimanusiaan. Tunjukkanlah bahwa kita ini seorang muslim dan muslimah yang mencerminkan prinsip agama kita yakni agama islam.

Hamidah (XI A SMA 3 Annuqayah)

Tidak ada komentar: