27 April 2012

Hari Bumi, PSG Refleksi di TPA Annuqayah


Indah Susanti, XII IPA SMA 3 Annuqayah

Guluk-Guluk—Pemulung Sampah Gaul (PSG) SMA 3 Annuqayah kembali melalukan aksi dalam rangka memperingati Hari Bumi tanggal 22 April 2012. Acaranya sekaligus dalam rangka merayakan ulang tahun PSG yang ke-4. Agenda kegiatan di Hari Bumi memang sudah menjadi kegiatan rutin PSG setiap tahun.

Tahun ini, perayaan Hari Bumi diformat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, baik mulai dari persiapan dan aksi yang dilakukan. Biasanya anggota PSG hanya memulung sampah di TPA (tempat pembuangan sampah akhir) Annuqayah. Namun tahun ini anggota PSG langsung terjun lapangan, yaitu bersosialisasi di lembaga pendidikan dan masyarakat Annuqayah. Bentuknya dengan menempelkan poster-poster dan membagikan kartu ucapan bertema Hari Bumi pada setiap orang yang dijumpai.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu dari tanggal 21-22 April 2012. Hari pertama, Sabtu, 21 April 2012, sekitar pukul 15.30 WIB semua anggota PSG berkumpul melakukan pembuatan poster-poter dan kartu ucapan. Seluruh anggota PSG dibagi menjadi tiga kelompok sesuai dengan tim masing-masing, yakni tim sampah plastik, pupuk organik, dan konservasi pangan lokal. Kegiatan ini berlangsung di lingkungan SMA 3 Annuqayah.

Hari kedua, tepat Hari Bumi, pada pukul 5.15 WIB, anggota PSG menuju Bukit Lancaran. Tujuannya adalah TPA Annuqayah. Agenda acaranya adalah refleksi Hari Bumi. Tempat acara refleksi ini diusulkan oleh salah satu anggota senior PSG, Aminatuz Zahroh, kelas XI IPS 1. Selain udaranya sejuk, juga bertujuan supaya anggota PSG, terutama anggota PSG yang baru, dapat bersentuhan langsung dengan sampah.

Mereka didampingi Mus’idah Amien, guru pendamping kegiatan lingkungan di SMA 3 Annuqayah, dan juga kepala SMA 3 Annuqayah, K. M Mushthafa, M.A. Anggota PSG yang ke Bukit Lancaran berjumlah 45 orang.

Tiba di Bukit Lancaran sekitar pukul 5.45 WIB. Semua anggota PSG berdiri membentuk lingkaran di atas tumpukan sampah. Setelah anggota PSG berkumpul , acara refleksi pun dimulai. Refleksi dipimpin oleh K. M Mushthafa yang juga merupakan perintis PSG SMA 3 Annuqayah.

Acara dimulai dengan menyanyikan Mars Lingkungan PSG yang digubah oleh K. Muhammad-Affan, salah seorang guru dan perintis kegiatan lingkungan di Madaris 3 Annuqayah. Acara juga ditutup dengan menyanyikan lagu Mars Lingkungan.

Acara refleksi berlangsung sekitar kurang lebih satu jam. K. M Mushthafa menceritakan sejarah Hari Bumi dan para aktivis lingkungan yang sudah berkeliling dunia dengan tujuan supaya anggota PSG mengetahui kenapa tanggal 22 April disebut Hari Bumi dan kenapa kita harus menjaga lingkungan.

Setelah acara refleksi di TPA Lancaran, anggota PSG melakukan aksi penempelan poster-poster di kompleks dan masyarakat sekitar Annuqayah. Namun sebelum aksi penempelan poster dilakukan, anggota PSG bersosialisasi tentang poster dari masing-masing tim di SMA 3 Annuqayah yang melibatkan siswa Madaris 3 Annuqayah (MI 3 Annuqayah, MTs 3 Annuqayah, dan SMA 3 Annuqayah).

Sekitar pukul 10.00 WIB, Mus’idah Amien meminta perwakilan anggota PSG yang sudah senior, yakni yang duduk di kelas XII, dari setiap tim, yaitu Qurratul Aini, Indah Susanti, Nurul Wahyuni, Fitriyah, dan Mamluatus Sa’adah, untuk menempel poster di lembaga pendidikan dan toko-toko di Annuqayah.

“Dek, numpang foto posternya ya? Buat update status di Facebook,” kata seorang bapak setengah baya tersenyum menghampiri Indah Susanti saat menempel poster di depan Toko Yayasan Annuqayah.

“Peringatan Hari Bumi oleh PSG tahun ini berlangsung lebih seru dibanding tahun-tahun sebelumnya,” demikian komentar salah seorang anggota PSG. Kegiatannya masih dalam semangat yang sama, yakni menumbuhkan kecintaan untuk merawat bumi.

Penempelan poster berakhir sekitar pukul 11.00 WIB.

1 komentar:

irul mengatakan...

boleh mesen buatannya gak?