21 Januari 2012

Penyerahan Rapor Siswa SMA 3 Annuqayah

Masluhatun, siswi kelas XI IPS 1 SMA 3 Annuqayah

Guluk-Guluk—Pada hari Ahad (15/01) yang lalu, SMA 3 Annuqayah mengadakan acara Temu Wali Murid dan Penyerahan Rapor Semester Ganjil. Acara dilaksanakan di Aula Madaris 3 Annuqayah. Sedangkan penyerahan rapor mengunakan ruang aula, ruang kelas MTs 3 Annuqayah, dan Perpustakaan Madaris 3 Annuqayah.

Sejak pukul 07.50 WIB, wali murid mulai berdatangan. Tapi ada juga yang datang di tengah acara atau saat acara hampir selesai. Sebelum memasuki ruang aula (bagi wali murid laki-laki) atau menempati tempat duduk di bawah terop (bagi wali murid perempuan) yang sudah disiapkan panitia, para undangan harus melewati pameran kegiatan siswa yang ditempatkan di depan aula. Pameran tersebut menampilkan hasil karya anggota PSG (Pemulung Sampah Gaul), Klub Astronomi, dan juga foto-foto dari kegiatan yang dilakukan siswa dan sekolah selama satu semester. Demikian pula ada berita-berita kegiatan yang ditulis oleh siswa.

Direktur Madaris 3 Annuqayah, K. M. Faizi, dalam sambutannya menegaskan bahwa kemajuan sekolah bukan hanya dilihat dari siswa yang semakin bertambah, gedung yang mentereng, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan fisik. Yang penting dari proses pendidikan anak didik adalah peningkatan mutu akhlak.

Kepala SMA 3 Annuqayah, K. M. Mushthafa, dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya acara ini adalah untuk bersilaturahim dan juga sekaligus penyerahan rapor.

Setelah ditutup dengan doa yang dipimpin oleh K.H. Nurul Huda, acara beralih pada sosialisasi program sekolah yang disampaikan oleh kepala sekolah. Hal-hal yang di bahas meliputi fasilitas yang dimiliki sekolah saat ini, arus keuangan sekolah (pemasukan dan pengeluaran), pembangunan, kegiatan-kegiatan sekolah, dan pembahasan tata tertib sekolah. Sebelumnya setiap undangan telah diberi lembaran yang berisi tata tertib sekolah.

Sosialisasi yang dijelaskan kepala sekolah selama 1 jam ini mendapat tanggapan yang baik dari wali murid. Ada yang memberi pertanyaan, kritik, saran dan masukan. Salah satu masukan yang mendapat tepuk tangan meriah adalah saat salah satu wali murid menawarkan saran agar setiap wali murid memberi sumbangan berupa 1 sak semen ke sekolah.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada penyerahan rapor semester ganjil kali ini ranking kelas di semua jenjang diumumkan dan diberi hadiah.

Dari seluruh rangkaian acara yang berlangsung sejak pagi, penyerahan raporlah yang paling ditunggu-tunggu. Wali kelas menyerahkan rapor kepada wali murid di ruangan yang sudah ditentukan, sedangkan siswa menunggu di luar ruangan. Penyerahan rapor selesai sekitar jam 12.00 WIB.

Tidak ada kendala apapun yang menghambat kelangsungan acara ini sehingga acara dapat berjalan dengan lancar.

Tidak ada komentar: