14 Mei 2011

OSIS SMA 3 Annuqayah Peringati Hari Kartini dan Hari Pendidikan Nasional dengan Seminar


Rukaiyah, XI IPA SMA 3 Annuqayah

Guluk-Guluk—Untuk memperingati hari Kartini dan hari Pendidikan Nasional, hari Selasa tanggal 3 Mei yang lalu OSIS SMA 3 Annuqayah mengadakan seminar bertema sistem pendidikan nasional dan pembangunan perempuan. Acara ini bertempat di Aula Madaris 3 Annuqayah.

Acara ini berlangsung pada jam 07.30 WIB hingga 12.00 WIB. Pada acara ini OSIS SMA 3 Annuqayah menghadirkan beberapa penyaji, yakni Rozinah (Aktivis Solidaritas Buruh Migran Indonesia (SBMI) Region Madura), Dr. Mukhlis (dosen STAIN Pamekasan), dan Pandji Taufiq, Ketua NU Sumenep.

Acara seminar ini dihadiri oleh semua murid dan guru SMA 3 Annuqayah. Selain itu, OSIS SMA 3 Annuqayah juga mengundang siswa dari sekolah-sekolah lain, yakni dari SMA al-Muqri Prenduan, MA Annajah I Karduluk, MA Sumber Payung, MA Nurul Huda, dan juga siswa MTs 3 Annuqayah dan MA 1 Annuqayah Putri.

Dalam seminar ini muncul gagasan bahwa banyak guru atau pendidik termasuk juga pengelola lembaga pendidikan yang lebih mengutamakan aspek kognitif daripada afektif dan psikomotorik. Padahal jika semua tingkat pendidikan yang ada di Indonesia dalam mendidik dan menilai siswa mencakup ketiga aspek tersebut secara utuh, maka akan menghasilkan siswa maupun lembaga yang unggul.


Menurut Dr. Mukhlis, berilmu berada dalam kedudukan yang keempat setelah beriman, bertakwa dan berakhlak mulia. Karena itu, ilmu sangatlah penting, termasuk juga bagi perempuan.

Mengenai pemberdayaan perempuan, Rozinah menjelaskan bahwa perempuan itu disebut berdaya ketika sejajar dengan laki-laki. Namun pada fitrahnya perempuan tidak sama dengan laki-laki. Perempuan dan laki-laki saling membutuhkan. Tapi perempuan punya peran penting dalam membentuk dunia yang lebih baik.

Sedangkan Pandji Taufiq membahas tentang sistem pendidikan nasional yang berbasis pesantren.

Setelah ketiga pembicara memaparkan pikirannya, ada sesi dialog dengan peserta. Acara ini berlangsung dengan lancar sesuai dengan harapan panitia.

Tidak ada komentar: