03 Mei 2010

OPTIMA 3 2010 Yang Penuh Kesan

Nurul Elmi, siswa XII IPA SMA 3 Annuqayah

GULUK-GULUK—Orientasi Pengabdian Terapan Intelektual Madaris 3 atau yang lebih dikenal dengan sebutan OPTIMA 3 sudah berakhir sejak satu minggu yang lalu. Kegiatan yang mulai digagas sejak 2008 lalu atas prakarsa Dewan Direktorat Madaris 3 Annuqayah itu bertujuan untuk memberi pembekalan kepada siswa kelas akhir SMA 3 Annuqayah.

KH Ahmad Hazim, S.Sos, S.Pd sebagai SC dalam kegiatan itu dalam sambutannya mengatakan bahwa OPTIMA tak lain bertujuan untuk meningkatkan sumber daya alumni. Hamilatun, ketua panitia, juga sependapat dengan K Hazim. Dia juga menambahkan bahwa OPTIMA adalah sebuah kesempatan untuk belajar bersama dan menggali potensi diri.

Ummul Karimah, salah satu peserta, juga berkomentar, “OPTIMA itu penting sebagai bekal kita untuk menghadapi dunia luar yang serba penuh tantangan sehingga nantinya kita bisa menjadi generasi bangsa yang dinamis,” ungkapnya saat acara pembukaan.

Jumlah peserta OPTIMA 3 tahun 2010 ini secara keseluruhan 56 orang yang terdiri dari 28 orang dari Program IPA dan 29 dari Program IPS. Setiap peserta dikenakan biaya konstribusi sebesar Rp 65.000,- dan setiap peserta mendapatkan satu tas OPTIMA dan Block note.

OPTIMA kali ini dilaksanakan dengan dua tahap. Tahap pertama adalah Pra-OPTIMA yang dilaksanakan dari hari Jum’at 16 April sampai dengan hari Ahad 18 April. Dan tahap kedua adalah OPTIMA yang dimulai sejak hari Selasa 20 April dan berakhir pada hari Sabtu 24 April lalu. Dalam tahap pertama peserta terlebih dahulu dikenalkan pada latar belakang OPTIMA serta visi dan misi OPTIMA. Kemudian ditahap kedua peserta mulai dikenalkan pada banyak hal, tentang dunia sosial kemasyarakatan, manajemen pendidikan, agama dan lain sebagainya.

OPTIMA kali ini sedikit berbeda dari yang tahun lalu. Kali ini panitia menganjurkan peserta OPTIMA untuk bermalam di tempat yang telah disediakan yaitu di Lab IPA SMA 3 Annuqayah selama empat malam. Semua peserta begitu antusias karena dapat berkumpul lagi seperti pada kegiatan Ramadan vil Madaris bulan puasa lalu. “Aku jadi ingat dengan kenangan RvM,” kata Nurul Ifadhah.

Materi yang disampaikan juga cukup relevan dengan kebutuhan peserta. Pada pagi hari sampai siang diisi dengan materi umum, seperti kepribadian, menggali potensi diri, membangun jaringan, manajemen pendidikan, kepemimpinan, dan sebagainya. Sore harinya kegiatan sowan kepada pengasuh Pondok Pesantren Annuqayah di lingkungan Sabajarin secara bergiliran yang diisi dengan nasihat-nasihat agama dan doa-doa. Kemudian pada malam harinya paserta diajak untuk mendalami materi agama, seperti meneladani kehidupan Nabi, dan sebagainya. Semua rangkaian kegiatan mulai dari pembukaan, materi, sampai penutup dilaksanakan di Aula Madaris 3 Annuqayah.

Sebelum malam puncak, peserta terlebih dahulu diberi kuisioner untuk melihat sejauh mana hasil yang dicapai. Dari seluruh peserta hampir 50% rata-rata menyukai materi pemimpin profesional dengan narasumber KH Muhammad Husnan A. Nafi’, salah satu pengasuh muda dan dosen STIK Annuqayah. Alasannya bermacam-macam, ada yang karena lucu dan berpenampilan menarik, ada juga yang karena orangnya lincah dan cara penyampaiannya lugas.

Dalam angket itu peserta juga harus memilih siapa di antara peserta yang paling disenangi. Seluruh peserta mengisi kolom itu dengan nama Siti Mailah dan Asna, karena keduanya memang terkenal lincah, lucu, kompak dan memiliki selera humor yang tinggi.

Kegiatan itu ditutup dengan acara pentas seni yang dilaksanakan pada Jum’at malam, 23 April di depan Lab IPA SMA 3 Annuqayah. Acara itu diisi dengan pembacaan Surat Yasin bersama yang dipimpin oleh Nyai Thayyibah, pengasuh PPA Karang Jati, dan penampilan-penampilan serta pengumuman peserta terbaik.

Peserta terbaik Optima secara berurut adalah Siti Nujaimatur Ruqayyah (XII IPA), Ummul Karimah (XII IPA), dan Faizah (XII IPS). Malam itu sekaligus sebagai malam yang paling bersejarah, malam terakhir yang menyisakan tangis perpisahan.

Keesokan harinya Sabtu 24 April sebelum pulang para peserta kembali mengikuti acara pembukaan magang OPTIMA. Acara yang berlangsung sederhana dan ringkas itu mengawali langkah peserta OPTIMA untuk menerapkan apa yang telah didapatkannya sebagai bentuk pengabdian terhadap Madaris 3 Annuqayah tercinta. Dalam acara itu, Sumbulatun, TU SMA 3 Annuqayah, membacakan Surat Keputusan magang OPTIMA dan Mus’idah Amien, Waka Kesiswaan, membacakan tata tertib magang OPTIMA.

Magang OPTIMA dibagi menjadi 5 kelompok, yaitu di MI 3, MTs 3, SMA 3, MRC, dan Perpustakaan . Magang OPTIMA secara resmi dimulai sejak hari Rabu 28 April sampai tanggal 27 Mei nanti. Di akhir tugas setiap kelompok harus melaporkan setiap kegiatan yang dilakukan selama magang.

2 komentar:

milaH"ml"Tn mengatakan...

Pesan untuk semua anak-anak magang:
Tetaplah semagat dan berikan yang terbaik untuk Madaris III Annuqayah.

rumah mimpi mengatakan...

pastinya.... dong
tapi harus ada dukungan dari semua pihak agar semangat yang telah terpatri dalam diri kami tidak akan pernah mati.....