20 September 2011

OSIS SMA 3 Annuqayah Siapkan Kader Pemimpin


Masluhatun, XI IPS 1 SMA 3 Annuqayah

Guluk-Guluk—OSIS SMA 3 Annuqayah mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) untuk membentuk kader-kader pemimpin baru. Acara ini berlangsung sejak Sabtu hingga Senin (17-19) September 2011, bertempat di Laboratorium IPA SMA 3 Annuqayah.

Kegiatan ini diikuti oleh 35 peserta. 5 siswa dari kelas XA, 6 siswa dari kelas XB, 6 siswa dari kelas XI IPS 1, 6 siswa dari kelas XI IPS 2, 5 siswa dari kelas XI IPA, 7 siswa dari kelas XII IPA, dan 2 pengurus OSIS yang tidak menjadi panitia.

Fasilitator kegiatan ini adalah Abu Sofyan. Menurutnya, kepemimpinan adalah kemampuan seseorang untuk memotivasi, mengarahkan, dan memengaruhi orang lain. "Sedangkan pemimpin adalah orang yang mendapatkan amanah serta memiliki sifat, sikap, dan gaya yang baik untuk mengatur atau mengurus orang lain untuk mencapai tujuan," tambahnya.

Selama acara, di sela-sela penjelasannya Sofyan kadang menyelipi guyonan dan permainan yang berhubungan dengan kepemimpinan dan sejauh mana kemampuan peserta dalam memimpin.

Di hari pertama Abu Sofyan menjelaskan tentang kepemimpinan. Di hari kedua beliau menjelaskan apa fungsi seorang pemimpin. Tema ini dibawakan secara ringan dengan contoh-contoh yang mudah dipahami.

Kegiatan ini sangat berguna bagi peserta maupun panitia (OSIS), agar lebih memahami apa itu kepemimpinan. Apalagi saat ini banyak pemimpin tapi tidak memiliki jiwa kepemimpinan.

"Ada beberapa tujuan diadakannya Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) ini. Pertama, untuk mencetak kader-kader yang bertanggung jawab. Kedua, menyadarkan siswa akan pentingnya aktif dalam berorganisasi. Dan ketiga, memberikan pemahaman tentang arti kepemimpinan dalam berorganisasi," kata Afidatun Hasanah, ketua panitia dalam kegiatan ini, saat ditanya di depan laboratorium IPA.

Tidak ada komentar: