20 Desember 2008

Dua Jempol untuk Andrea Hirata


Khazinah (XII IPS)

GULUK-GULUK—Para siswa dan santri Annuqayah menyambut gembira atas diselenggarakannya Pembacaan Fragmen Maryamah Karpov Karya Andrea Hirata pada Jum'at pagi (19/12) di Perpustakan Madaris 3 Annuqayah Sabajarin. Acara yang dimulai pada pukul 08.15 WIB dan berlangsung sekitar dua jam tersebut dihadiri oleh 52 siswa dan mahasiswa Annuqayah.
Saat mengantarkan acara tersebut, M. Mushthafa, selaku Kepala Perpustakaan Madaris 3 Annuqayah, menyampaikan bahwa tujuan digelarnya acara Pembacaan Fragmen Maryamah Karpov ini tak lain ialah untuk meningkatkan minat baca siswa dan santri Annuqayah pada umumnya. “Perpustakaan Madaris 3 Annuqayah memang mempunyai program rutin dua mingguan berupa pembacaan cerpen atau fragmen novel. Nah, acara yang sekarang ini boleh dikatakan acara spesial,” tambahnya.
Adapun yang membacakan fragmen buku terakhir tetralogi Laskar Pelangi yang sangat ditunggu-tunggu itu adalah Ummul Karimah, siswa XI IPA SMA 3 Annuqayah yang populer dengan panggilan Ummul Corn, dan Ana FM, alumni SMA 3 Annuqayah yang telah menerbitkan beberapa novel remaja. Keduanya membacakan beberapa penggalan novel Maryamah Karpov secara bergantian, mulai dari bagian yang lucu hingga cerita yang paling menyedihkan dan mengharukan. Fragmen yang mereka baca adalah mozaik 1, 2, 28, 41, 45, 71, 72, 73. Dengan durasi pembacaan sekitar 70 menit, mereka tidak hanya membacakan kisah-kisah Ikal dan sahabat-sahabatnya, namun juga kadang tampil dengan memerankan tokoh tertentu seperti di jalan cerita. Misalnya saat ibu Ikal menunjuk-nunjuk Ikal dengan centong besar yang terbuat dari kayu. Mereka juga tampil dengan membawa benda-benda yang berhubungan dengan jalan cerita yang dibacakan, seperti centong besar yang terbut dari kayu, radio kuno, hingga lesung kecil.
Setelah acara pembacaan selesai, para hadirin diberi kesempatan untuk memberikan komentar dan apresiasi tentang bagian-bagian yang dibacakan. Titin, mahasiswa STIKA yang merupakan salah satu peserta undangan, sangat berterima kasih pada Perpustakaan Madaris 3 Annuqayah karena menyelenggarakan acara Pembacaan fragmen Maryamah Karpov ini. Dia memang sangat menunggu-nunggu novel ini, karena sudah membaca dan jatuh cinta dengan ketiga karya Andrea sebelumnya. “Saya mengacungkan dua jempol untuk Andrea Hirata dan Perpustakaan Madaris 3 Annuqayah yang selalu mengadakan kegiatan yang unik,” ujarnya saat berkomentar.

1 komentar:

maxstarblogspot mengatakan...

setelah saya membaca novelnya Andrea Hirata, saya melihat novelnya bagus dan banyak membuka wawasan kita tentang hal-hal yang terjadi di negeri kita yang tidak pernah kita ketahui.
oleh karena itu saya berharap akan lahir Andrea-Andrea yang lain yang akan membuka semua mata hati orang Indonesia bahwa banyak hal-hal yang luput dari pengamatan kita dan hal tersebut merupakan hal yang sangat memprihatinkan.
sekian komentar saya, maaf hanya sedikit.