10 September 2008

Berpuasa Ramadan di SMA 3 Annuqayah


Mulai tanggal 5 September bertepatan dengan hari Jum’at tanggal 5 Ramadan 1429 H, semua siswa kelas akhir SMA 3 Annuqayah mengikuti program RvM, singkatan dari Ramadan vil Madaris. Program ini yang kedua kalinya dilaksanakan di sekolah ini, karena pertama kali diadakan tahun lalu.
Pertama kali aku tiba di kegiatan RvM ini, aku merasa ga nyaman dan ga kerasan. Yang pertama karena ga berpuasa bersama orang tua, juga sempat kekurangan air, tapi alhamdulillah sekarang air di sini sudah mengalir sebagaimana biasa.
Ternyata berpuasa di sini menyenangkan banget karena bisa buka bersama teman-teman dan juga para guru. Pokoknya enak banget!
Yang membuat aku kerasan di sini adalah karena banyaknya bermacam kegiatan yang dilaksanakan setiap hari, seperti siraman rohani setiap bakda subuh. Pagi hari ada kursus bahasa Arab dengan penekanan pada muhadatsah, yang didampingi oleh Ibu Mus’iedah. Pada hari pertama masuk, aku sempat ditanya dengan bahasa Arab dan alhamdulillah aku bisa menjawabnya dengan baik walau ada rasa gugup sedikit. Ada juga kursus bahasa Inggris yang dibina oleh Ibu Fajariyah. Pelajaran bahasa Inggris ini adalah pelajaran favoritku. Lagian Bu Fajar enak banget di kelas. Katanya dulu memang kuliah jurusan bahasa Inggris. Aku ingin seperti beliau. Ya, kalau ga seperti beliau, yang penting bermanfaat deh buat orang lain dan buat nusa dan bangsa kita di Indonesia ini. Amien. Juga ada kajian kitab yang dibacakan oleh Bapak Syaiful Bahri. Yang dibaca kitab Qami’uttughyan, yang isinya tentang bagaimana cara meningkatkan ketakwaan kepada Allah swt.
Setelah itu, pas setelah duhur adalah jam istirahat. Jam 14.30, aku ikut kajian kitab fikih yang juga disajikan oleh Bapak Syaiful Bahri. Di antaranya menerangkan cara bersuci (thoharoh), dan lain-lain. Sambil menunggu azan berkumandang, aku mengaji al-Qur’an. Setelah itu salat maghrib dan isya’, dan langsung dilanjutkan dengan tarawih bersama Nyai Fairuzah, dan setelah selesai tadarus al-Qur’an bersama teman-teman. Setengah jam kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan kajian tematik. Setiap kelompok kebagian waktu untuk presentasi dari tema dan bahan yang telah ditentukan. Jam 22.00 semua kegiatan berakhir, dan peserta kegiatan ini bisa beristirahat. Menjelang sahur, kami salat malam dulu.
19 September besok adalah hari terakhir RvM. Rasanya aku sudah tak sabar untuk malam terakhir yang akan ada acara khusus ini. Setelah itu aku pulang ke rumah. Semoga dengan adanya program ini wawasanku dapat bertambah lebih banyak dan lebih baik daripada sebelumnya. Juga bertambah iman dan ketakwaan kepada Allah swt.
Udah dulu ya ceritaku. Semoga setelah bulan suci ini kita bisa kembali suci (bahasa Arabnya: ‘iedul-fithri). Setelah lebaran nanti, kami akan kembali ke sekolah.

Fatimah, siswi XII IPS SMA 3 Annuqayah.

***

Bulan Ramadan sekarang berbeda dengan tahun yang sebelumnya, karena sekarang saya berpuasa di sekolah (pondok) sedangkan tahun yang lalu saya berpuasa di rumah. Di sekolah, sudah dua tahun ini menadakan kegiatan pondok Ramadan, yang nama populernya: RvM (Ramadan vil Madaris). RvM ini khusus untuk kelas akhir, yakni kelas tiga SMA dan kelas tiga MTs.
Pada hari pertama RvM, saya tidak kerasan karena biasanya berbuka dan sahur bersama orang tua. Tapi alhamdulillah saya sekarang sudah kerasan karena di RvM ada bermacam-macam kegiatan yang saya belum ketahui sebelumnya. Selain itu, saya bisa berbagi suka dan duka bersama teman-teman. Di RvM ini saya mendapatkan banyak ilmu agama. Di antara yang sudah dibahas adalah tentang tujuan puasa atau hikmah puasa. Selain itu, RvM juga melatih saya untuk disiplin, berbagi, saling menghargai, dan juga lebih akrab dengan teman-teman.

Thoyyibah, siswi XII IPA SMA 3 Annuqayah.

***

Indahnya ikut kegiatan RvM (Ramadan vil Madaris) di SMA 3 dapat saya rasakan karena di situ saya dapat meningkatkan solidaritas sesama teman. Meskipun kegiatannya padat, tapi itu tidak mengalahkan semangat kami para peserta RvM. Kegiatan RvM ini sudah dua kali diadakan di Madaris 3 Annuqayah. Pesertanya adalah siswa kelas akhir di SMA, dan mulai tahun ini juga MTs.
Banyak sekali yang saya dapatkan dari kegiatan ini. Di antaranya, saya dapat lebih memahami tentang puasa, menyangkut hikmah, tujuan, dan sebagainya.
Kegiatan RvM ini dimulai pada 5 September yang lalu, dan akan ditutup pada 19 September nanti. Awalnya saya ga kerasan, karena saya masih belum bisa menyesuaikan diri. Tapi tak lama kemudian saya bisa menyesuaikan diri juga. Selain menambah wawasan, dengan kegiatan ini saya juga bisa punya pengalaman berpuasa di sekolah (pondok). Saya berharap semoga dengan ikut kegiatan ini saya bisa mengetahui lebih mendalam tentang ilmu-ilmu agama, dan semoga saya dan teman-teman yang lain juga mendapatkan barokah dan ilmu yang bermanfaat. Selain itu semoga ilmu yang didapatkan selama ini dapat diamalkan dengan tulus (ikhlas). Saya pernah mendengar dari guru saya bahwa orang yang bodoh akan celaka kecuali orang yang berilmu. Dan orang yang berilmu itu juga akan celaka jika ilmunya tidak diamalkan. Demikian juga, orang yang mengamalkan ilmunya itu akan celaka kecuali orang yang ikhlas.

Syarifatul Laili, siswi XII IPA SMA 3 Annuqayah.

3 komentar:

azmy mengatakan...

wah, sekarang udah alim dong?!.
setau saya kitab qami' itu menjelaskan cabang-cabang ima-deh!, semoga anda bisa menghafalnya, soalnya kitab itu salah satu kitab kesukaan saya lo!. hehehe....! geer dikit.

azmy mengatakan...

oia, barusan salah ketik.
"ima" maksud saya "iman". sory!

Lautanluas mengatakan...

Ma Tin Rattin Kanak....
Semoga tidak hanya tampangnya tapi juga hatinya