16 Februari 2012

Puncak Peringatan Maulid Nabi di SMA 3 Annuqayah


Masluhatun, XI IPS 1 SMA 3 Annuqayah

Guluk-Guluk—Sejak Sabtu-Selasa (11-14/02) OSIS SMA 3 Annuqayah telah mengadakan gebyar lomba memperingati maulid Nabi Muhammad saw. Kemudian pada hari Rabu kemarin (15/02), dilaksanakan acara puncak peringatan maulid Nabi Muhammad saw. yang merupakan acara akhir dari semua rangkaian acara yang berlangsung selama 4 hari itu.

Pada acara ini OSIS SMA 3 Annuqayah juga bekerja sama dengan OSIS MTs 3 Annuqayah. Penceramah dalam acara ini adalah Nyai Najmah, S.Pd.I. dari Prenduan. Acara bertempat di depan laboratorium IPA SMA 3 Annuqayah.

Acara dimulai sekitar pukul delapan pagi. Semua yang hadir sangat hidmat saat mendengarkan shalawat diba’i yang dibawakan oleh Khotimah.

Dalam ceramah keagamaanyang disampaikan oleh Nyai Najmah, dibahas keutamaan memperingati maulid Nabi Muhammad saw. Menurutnya, orang pertama yang mendapat syafaat Nabi Muhammad saw. adalah orang yang pertama mengajak tetangganya atau temannya untuk memperingati maulid Nabi. Dan orang kedua yang mendapat syafaat adalah orang yang ikut menyumbang atau mendukung terhadap terlaksananya peringatan maulid Nabi.

Ceramah yang berlangsung sekitar satu setengah jam ini mampu menarik perhatian siswi, undangan guru maupun undangan masyarakat di daerah Sabajarin. Ceramah yang dibawakan oleh Nyai Najmah diselingi  dengan humor namun juga mengandung hikmah.

Acara inti belangsung sekitar dua setengah jam berakhir pada jam 10.30 WIB. Acara selanjutnya adalah pengumuman juara lomba yang telah dilaksanakan sebelumnya selama 4 hari. Sebelum diumumkan, Mus’idah Amin, pembina OSIS SMA 3 Annuqayah, membacakan surat keputusan yang telah ditandatangani oleh ketua OSIS SMA, Pembina OSIS, dan kepala SMA 3 Annuqayah.

Semua tropi yang dimenangkan tidak dapat dibawa pulang tapi diletakkan di kelas masing-masing karena setiap lomba yang diikuti atas nama kelas walaupun saat pendaftaran memakai nama peserta.

Pengumuman pemenang ini berakhir saat pengumuman juara lomba Miss SMA. Sebelum Miss SMA diumumkan, sebuah puisi dan lagu diputar. Kemudian kata-kata mutiara diiringi shalawat yang akhirnya menyatakan bahwa Qurratul Aini (XI IPS 1) terpilih sebagai Miss SMA 3 Annuqayah.

Penyematan mahkota Miss SMA diberikan oleh Nyai Fairuzah, M.A. sedangkan piala Miss SMA diserahkan langsung oleh kepala SMA 3 Annuqayah.

Setelah turun dari panggung kehormatan, Qurratul Aini, Miss SMA, langsung disambut oleh teman-temannya dengan penuh suka cita. Sayangnya, bapaknya tidak dapat hadir sedangkan ibunya sudah lama meninggal.

“Yang pasti saya senang, terharu, sedih juga. Pokoknya campur aduk deh! Walaupun waktu itu orang-orang yang saya sayangi tak ada di samping saya, karena tak bisa hadir. Tapi saya senang karena masih ada teman-teman yang selalu mendukung. Harapan saya, setelah dinobatkan menjadi Miss SMA, saya ingin menjadi miss yang sebenarnya. Bukan hanya di lingkungan sekolah tapi juga dalam kehidupan pribadi saya yang sebenarnya dan menjadi orang yang lebih baik lagi,” kata Qurratul Aini saat diwawancarai di kelasnya.

Saat ditanyakan siapkah ia mengemban tugas sebagai Miss SMA3 Annuqayah, Aini, nama panggilannya, menjawab, “Siap ga’ siap saya harus siap! Karena itu emang sudah tugas dan menjadi tanggung jawab. Saya hanya bisa berusaha dan akan terus berusaha untuk menjalankannya dengan sebaik-baiknya.”

Tidak ada komentar: